yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Sunday 27 February 2011

FIFA Ancam Bekukan PSSI

Liputan6.com, Jakarta: PSSI terancam sanksi tegas dari Asosiasi Sepakbola Dunia (FIFA) yaitu dibekukan keanggotaannya seiring dengan kemelut yang terjadi dalam tahapan pencalonan Ketua Umum PSSI. Terlebih jika ada campur tangan dari pemerintah.

Anggota Komite Etik FIFA Suryadharma Dali Tahir, baru-baru ini, mengatakan, dengan adanya kemelut tersebut, FIFA langsung merespons. Salah satunya dengan mengirimkan surat elektronik yang berisi penolakan campur tangan pemerintah.

"Jumat malam (25/2), PSSI langsung menerima surat elektronik dari FIFA. Isinya menolak intervensi pemerintah dan itu adalah peringatan dari FIFA," katanya saat dikonfirmasi.

Surat dari FIFA diklaim telah diterima PSSI setelah Komite Banding Pemilihan mengumumkan penolakan materi banding dari dua bakal calon Ketua Umum PSSI yaitu George Toisutta dan Arifin Panigoro. Selain menolak banding, Komite Banding yang diketuai oleh Tjipta Lesmana itu juga menganulir keputusan Komite Pemilihan yang meloloskan Nurdin Halid dan Nirwan D Bakrie sebagai calon Ketua Umum PSSI.

Dengan demikian, hingga saat ini belum ada calon yang akan maju pada bursa pemilihan di Kongres Empat Tahunan PSSI di Bali, 26 Maret nanti. Selama masa banding, terjadi unjuk rasa yang dilakukan oleh massa dari pro perubahan maupun massa yang menghendaki kepengurusan PSSI saat ini tetap bertahan. Bahkan aksi itu diwarnai dengan gesekan antar kelompok peserta aksi.

Menurut Dali Tahir, sesuai dengan jadwal yang ada, pembahasan kasus PSSI akan dilakukan 1 Maret nanti. "Indonesia sebenarnya tidak masuk agenda. FIFA akhirnya menyiapkan waktu khusus untuk emergency meeting setelah ada intervensi pemerintah. FIFA juga menyayangkan adanya bentrokan antarpeserta aksi.

FIFA punya bukti semua kejadian. Sekarang semua menunggu hasil rapat tersebut. Dali Tahir menjelaskan, pembekuan keanggotaan oleh FIFA biasanya akan diberikan jika pemerintah terus reaktif dalam menyikapi kasus yang terjadi di tubuh asosiasi sepakbola, termasuk PSSI.

"Kami hanya bisa prihatin. Rapat 1 Maret sebenarnya mengevaluasi kasus Brunei dan beberapa negara yang punya catatan khusus. Kalau sudah ada kondisi seperti itu, FIFA biasanya langsung memberlakukan suspend (pembekuan red). Rapat darurat tersebut khusus membahas kondisi terakhir di Indonesia. Untuk kasus LPI telah ditutup," kata Dali.

Jika FIFA benar-benar akan memberikan suspend kepada PSSI bisa dipastikan timnas sepak bola Indonesia tidak bisa tampil pada pertandingan internasional, termasuk pada SEA Games yang akan digelar di Tanah Air akhir tahun nanti.(Ant/ULF)
Share:

Andre Taulany Menang Survei, Ini Kata Airin

VIVAnews - Calon walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany tetap yakin akan unggul dalam Pilkada Ulang yang digelar hari ini. Meski pasangan Arsyid dan Andre Taulany unggul dalam survei, Airin tetap yakin menang.

"Saya masih optimistis," kata Airin usai mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 09 yang tak jauh dari kediamannya, Pakulonan, Tangerang Selatan, Minggu 27 Februari 2011.

Pasangan Airin dan Benjamin Davnie ini didukung partai-partai besar. Partai-partai pendukung pasangan Airin-Benjamin yakni, Demokrat, Golkar, PDI Perjuangan, PKS, PKB, PAN, PDS, PPDI, dan PKPI.

Meski survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) menyebut, pasangan Arsid dan Andre Taulany unggul, Airin lebih memilih menyerahkan sepenuhnya kepada prosedur yang berlaku.

"Baik hasil quick count (penghitungan cepat) maupun KPUD, saya tetap menyerahkan kepada prosedur yang berlaku," ujar Airin yang didampingi suaminya. Airin tak banyak memberikan komentar. Dia langsung naik mobil pribadinya, Honda CRV menuju kediamannya.

Pilkada ulang ini dilakukan atas perintah Mahkamah Konstitusi (MK). MK mengabulkan permohonan Arsid-Andre Taulany, pada Jumat 10 Desember 2010. Keputusan MK ini membatalkan kemenangan pasangan Airin-Benjamin.

Laporan: Ronito Kartika Surya
• VIVAnews
Share:

Saturday 26 February 2011

PKS Desak Pemerintah Dukung Reformasi Negeri Muslim

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Musyawarah Kerja Nasional Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara khusus mengeluarkan pernyataan terkait situasi Timur Tengah dan kawasan utara Afrika. Pemerintah diminta bersikap lebih tegas.

“(PKS) mendesak Pemerintah untuk menegaskan sikap politiknya (terkait isu Timur Tengah dan kawasan utara Afrika,’’ kata Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, seusai menutup musyawarah tersebut, Sabtu (26/2). Pemerintah juga diminta terus melakukan tindakan nyata untuk mendukung perjuangan rakyat negeri Muslim yang sedang berupaya membebaskan diri dari penjajahan dan penindasan.

PKS menyatakan dukungan terhadap upaya reformasi dan demokratisasi damai yang diperjuangan rakyat sipil di kawasan tersebut. ‘’(Kami) mendesak penguasa (setempat) untuk segera menghentikan segala bentuk tindakan represif dan pembunuhan warga sipil,’’ tegas dia.
Share:

Friday 25 February 2011

Harga HP Samsung Bulan Februari 2011

Browse » Home » Daftar Harga Ponsel » Harga HP Samsung Bulan Februari 2011
Harga HP Samsung Bulan Februari 2011
Harga HP Samsung Bulan Februari 2011. Setelah sebelumnya saya posting tentang harga Nokia bulan Februari 2011 dan posting tentang harga Sony Ericsson bulan Februari 2011, sekarang tiba waktunya bagi saya untuk posting tentang harga hape Samsung bulan Februari 2011. Harga Samsung bulan Februari 2011 ini saya ambil dari Tabloid Sinyal.

Samsung SGH B2100 : Harga Second : Rp. 600,000,-

Samsung SGH B3310 : Harga Baru : Rp. 830,000,- Harga Second : Rp. 675,000,-

Samsung B6520 Omnia Pro 5 : Harga Baru : Rp. 2,000,000,- Harga Second : Rp. 1,800,000,-

Samsung B7320 : Harga Baru : Rp. 1,650,000,- Harga Second : Rp. 1,350,000,-

Samsung SGH C3010 : Harga Second : Rp. 375,000,-

Samsung SGH C3053 : Harga Second : Rp. 550,000,-

Samsung C3300K Champ : Harga Baru : Rp. 825,000,- Harga Second : Rp. 700,000,-

Samsung C3510 Genoa : Harga Second : Rp. 650,000,-

Samsung SGH C5212 : Harga Baru : Rp. 1,000,000,- Harga Second : Rp. 800,000,-

Samsung SGH C6625 : Harga Baru : Rp. 1,150,000,- Harga Second : Rp. 850,000,-

Samsung Corby Txt : Harga Baru : Rp. 875,000,- Harga Second : Rp. 700,000,-

Samsung C3510T Genoa TV : Harga Baru : Rp. 1,225,000,- Harga Second : Rp. 1,000,000,-

Samsung Ch@t322 : Harga Baru : Rp. 775,000,- Harga Second : Rp. 650,000,-

Samsung SGH E1080T : Harga Baru : Rp. 230,000,- Harga Second : Rp. 160,000,-

Samsung SGH E1107 : Harga Second : Rp. 250,000,-

Samsung SGH E1160 : Harga Baru : Rp. 450,000,- Harga Second : Rp. 300,000,-

Samsung SGH E1210 : Harga Baru : Rp. 335,000,- Harga Second : Rp. 250,000,-

Samsung SGH E1390 : Harga Baru : Rp. 375,000,- Harga Second : Rp. 275,000,-

Samsung SGH E2100: Harga Baru : Rp. 475,000,- Harga Second : Rp. 350,000,-

Samsung SGH E2120 : Harga Baru : Rp. 400,000,- Harga Second : Rp. 300,000,-

Samsung SGH E2121 : Harga Baru : Rp. 475,000,- Harga Second : Rp. 350,000,-

Samsung SGH E2152 : Harga Baru : Rp. 800,000,- Harga Second : Rp. 650,000,-

Samsung SGH E2510: Harga Second : Rp. 550,000,-

Samsung SGH F480: Harga Second : Rp. 1,250,000,-

Samsung Galaxy 551 : Harga Baru : Rp. 2,675,000,-

Samsung Galaxy S : Harga Baru : Rp. 6,200,000,- Harga Second : Rp. 5,000,000,-

Samsung Galaxy Spica : Harga Second : Rp. 2,050,000,-

Samsung Galaxy 5 i5500 : Harga Baru : Rp. 1,950,000,- Harga Second : Rp. 1,700,000,-

Samsung GT-B3410 : Harga Second : Rp. 875,000,-

Samsung GT-B3410 Wifi : Harga Baru : Rp. 1,550,000,- Harga Second : Rp. 1,250,000,-

Samsung SGH i450 : Harga Second : Rp. 825,000,-

Samsung SGH i550w: Harga Second : Rp. 850,000,-

Samsung SGH i780 : Harga Second : Rp. 1,300,000,-

Samsung SGH i8000 OmniaII : Harga Second : Rp. 2,700,000,-

Samsung SGH i8510 Innov8 : Harga Second : Rp. 2,250,000,-

Samsung SGH i900 Omnia : Harga Second : Rp. 1,800,000,-

Samsung SGH J200 : Harga Second : Rp. 550,000,-

Samsung SGH L170 : Harga Second : Rp. 600,000,-

Samsung SGH L700 : Harga Second : Rp. 675,000,-

Samsung SGH M120 : Harga Second : Rp. 350,000,-

Samsung SGH M150 : Harga Second : Rp. 325,000,-

Samsung SGH M200 : Harga Second : Rp. 500,000,-

Samsung SGH M3510 : Harga Second : Rp. 600,000,-

Samsung SGH S3653 Corby : Harga Baru : Rp. 1,100,000,- Harga Second : Rp. 800,000,-

Samsung SGH S5233 Star : Harga Second : Rp. 1,050,000,-

Samsung SGH S5233 Star Wifi : Harga Baru : Rp. 1,385,000,- Harga Second : Rp. 1,150,000,-

Samsung S5153 Wave2 : Harga Baru : Rp. 1,575,000,- Harga Second : Rp. 1,450,000,-

Samsung S5333 Wave2 Pro : Harga Baru : Rp. 1,875,000,- Harga Second : Rp. 1,500,000,-

Samsung SGH S5620 Monte : Harga Baru : Rp. 1,650,000,- Harga Second : Rp. 1,325,000,-

Samsung S5753 Wave : Harga Baru : Rp. 1,975,000,-

Samsung S8003 Jet : Harga Second : Rp. 2,300,000,-

Samsung S8300 Ultra Touch : Harga Second : Rp. 1,800,000,-

Samsung S8500 Wave : Harga Baru : Rp. 3,725,000,-

Samsung SGH U800 Soul B : Harga Second : Rp. 700,000,-

Samsung SGH U900 Soul : Harga Second : Rp. 800,000,-

Demikian tadi adalah harga HP Samsung bulan Februari 2011. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang mencari harga terbaru Handphone Samsung bulan Februari 2011. Namun harus di ingat juga, harga diatas tidak selalu sama dengan gerai-gerai handphone di kota Anda.
Share:

Monday 21 February 2011

MAX PLANCK 1858-1947

Bulannya Desember, tahunnya 1900. Dunia ilmu terperanjat dan terlompat dari tempat duduknya. Apa yang terjadi? Seorang ahli fisika Jerman, Max Planck, umumkan dia punya hipotesa yang berani. Dia bilang radiant energi (energi gelombang cahaya) tidaklah mengalir dalam arus yang kontinyu, tetapi terdiri dari potongan-potongan yang disebutnya quanta. Hipotesa Planck yang bertentangan dengan teori klasik tentang cahaya dan elektro magnetik ini merupakan titik mula dari teori kuantum yang sejak itu merevolusionerkan bidang fisika dan menyuguhkan kita pengertian yang lebih mendalam tentang alam benda dan radiasi.

Dilahirkan tahun 1858 di kota Kiel, Jerman, dia belajar di Universitas Berlin dan Munich, peroleh gelar Doktor dalam ilmu fisika dengan summa cum laude dari Universitas Munich selagi berumur baru dua puluh satu tahun. Sebentar dia mengajar di Universitas Munich, kemudian di Universitas Kiel. Di tahun 1889 dia jadi mahaguru Univeristas Berlin sampai pensiunnya tiba tatkala usianya mencapai tujuh puluh. Itu tahun 1928.

Planck, seperti halnya ilmuwan lain, tertarik dengan "radiasi kuantitas gelap," julukan buat radiasi elektromagnetik dikeluarkan oleh obyek gelap sempurna apabila dipanaskan. (Suatu obyek gelap sempurna dijelaskan sebagai sesuatu yang tidak memantulkan cahaya, tetapi sepenuhnya menyerap semua cahaya yang jatuh di atasnya). Percobaan-percobaan para ahli fisika telah membuat ukuran yang hati-hati perihal radiasi yang dikeluarkan oleh obyek itu bahkan sebelum Planck bekerja dalam masalah itu. Hasil karya Planck pertama adalah penemuannya dalam hal formula secara aljabar yang ruwet yang dengan tepat menggambarkan "radiasi kuantitas gelap." Formula ini yang kerap digunakan dalam teori fisika sekarang dengan rapi meringkas data-data percobaan. Tetapi ada satu masalah: hukum fisika yang sudah diterima meramalkan adanya suatu formula yang samasekali berbeda.

Planck berkecimpung dalam-dalam terhadap soal ini dan akhirnya tampil dengan teori baru yang radikal: energi radiant cuma keluar pada pergandaan yang tepat dari unit elementer yang disebut Planck "kuantum". Menurut teori Planck, ukuran kuantum cahaya tergantung pada frekuensi cahaya (misalnya pada warnanya), dan juga berimbang dengan kuantitas fisik yang oleh Planck diringkas dengan "h", tetapi sekarang disebut "patokan Planck." Hipotesa Planck amatlah berlawanan dengan apa yang jadi konsep umum fisika. Tetapi, dengan penggunaan ini dia mampu menemukan keaslian teoritis yang tepat daripada formula yang benar tentang "radiasi kuantitas gelap."

Teori Planck begitu revolusioner, yang tak syak lagi bisa dianggap suatu gagasan eksentrik kalau saja Planck bukan seorang ahli fisika yang mantap dan konservatif. Kendati hipotesanya terdengar aneh, dalam soal khusus ini jelas merupakan penuntun ke arah formula yang benar.

Pada mulanya, umumnya ahli fisika (termasuk Planck sendiri) melihat hipotesanya sebagai tak lain dari sebuah fiksi matematik yang cocok. Sesudah beberapa tahun, hal itu berubah sehingga konsepsi Planck tentang kuantum dapat digunakan untuk pelbagai fenomena fisik selain untuk "radiasi kuantitas gelap." Einstein menggunakan konsep ini di tahun 1905 dalam rangka menjelaskan efek fotoelektrika, dan Niels Bohr menggunakannya di tahun 1913 dalam teorinya tentang struktur atom. Menjelang tahun 1918 tatkala Planck peroleh Hadiah Nobel, jelaslah sudah bahwa hipotesanya pada dasarnya benar dan itu mempunyai arti penting yang fundamental dalam teori fisika.

Sikap anti Nazi Planck yang keras membuat kedudukannya berabe di masa pemerintahan Hitler. Anak laki-lakinya dihukum mati di awal tahun 1945 akibat peranannya dalam komplotan para perwira yang punya rencana membunuh Hitler. Planck sendiri mati tahun 1947, pada umur delapan puluh sembilan tahun.

Perkembangan mekanika kuantum mungkin yang paling penting dari perkembangan ilmu pengetahuan dalam abad ke-20, lebih penting ketimbang teori relativitas Einstein. Patokan "h" Planck memegang peranan penting dalam teori fisika dan sekarang dihimpun jadi dua atau tiga patokan fisika paling dasar. Patokan itu muncul dalam teori struktur atom, dalam prinsip "ketidakpastian" Heisenberg, dalam teori radiasi dan dalam banyak lagi formula ilmiah. Perkiraan pertama Planck mengenai nilai jumlah adalah dalam batas perhitungan 2% yang diterima sekarang.

Planck umumnya dianggap bapak mekanika kuantum. Kendati dia memainkan peranan tak seberapa dalam perkembangan teori selanjutnya, adalah keliru mengecilkan arti Planck. Jalan mula yang disuguhkannya sungguh penting. Dia membebaskan pikiran orang dari anggapan-anggapan keliru yang ada sebelumnya, dan dia memungkinkan orang-orang sesudahnya menyusun teori yang jauh lebih jernih daripada yang sekarang kita miliki.
Share:

ST. AUGUSTINE 354-430

Augustine, yang hidup di saat tahun-tahun Kekaisaran Romawi sedang merosot, tak pelak lagi seorang teolog terbesar pada jamannya. Tulisan-tulisannya dengan sangat mendasar dan dalam mempengaruhi doktrin dan sikap Kristen sepanjang Abad Tengah bahkan masih tetap terpengaruh hingga saat ini.

Lahir tahun 354 di kota Tagaste (sekarang bernama Souk-Ahras di Aljazair), kira-kira empat puluh lima mil arah selatan kota pantai terbesar Hippo (kini Annaba). Ayahnya seorang tak beragama, sedangkan ibunya pemeluk Kristen yang taat. Sebagai anak kecil dia tidak dibaptis.

Bahkan pada saat dewasa pun kecerdasan Augustine mengesankan dan pada umur enam belas tahun dia dikirim ke Carthago untuk menuntut ilmu. Di sana dia punya simpanan dan punya anak tidak sah. Di umur sembilan belas dia memutuskan belajar filosofi. Tak lama sesudah itu dia jadi pemeluk Manichaeisme, "agama" yang didirikan sekitar tahun 240 oleh seorang "nabi" bernama Mani. Buat si muda Augustine, Agama Kristen tak punya mutu sedangkan Manichaeisme masuk akalnya. Tetapi, selang masa sembilan tahun berikutnya, dia sedikit demi sedikit mulai sadar apa itu Manichaeisme. Dan tatkala umurnya menginjak dua puluh sembilan, dia pindah ke Roma. Hanya sebentar di situ dia pindah lagi ke Milan di bagian utara Itali. Di sini dia menjadi guru besar ilmu retorika. Di sinilah dia mulai berkenalan dengan faham Neoplatonisme, versi penyempurnaan filosofi Plato yang sudah dikembangkan oleh Plotinus di abad ke-3.

Biskop Milan waktu itu St. Ambrose, Augustine menyimak beberapa khotbahnya yang memperkenalkannya kepada pengertian dan aspek baru kekristenan yang lebih bernilai. Pada umur tiga puluh dua Augustine menjadi pemeluk Kristen, sehingga orang yang tadinya ragu-ragu kini menjadi pemeluk yang taat. Tahun 387 Augustine dibaptis oleh Ambrose dan sesudah itu kembalilah ia ke kota asalnya Tagaste.

Tahun 391 Augustine menjadi asisten biskop Hippo. Tatkala lima tahun kemudian sang biskop meninggal dunia, Augustine yang kini berumur empat puluh dua tahun menggantikan kedudukannya. Dan duduklah ia dalam jabatan itu hingga akhir hayat.

Meski Hippo bukanlah kota yang berarti, kecemerlangan Augustine begitu menonjol sehingga dalam tempo singkat dia jadi salah seorang pemimpin yang dihormati di kalangan gereja. Keadaan tubuh Augustine tidaklah sempurna, karena itu dia dibantu oleh penulis cepat dan lewat cara begitulah dia banyak menulis karangan-karangan agama. Sekitar 500 petuah tertulisnya masih diketemukan sekarang, berikut 200 surat-suratnya. Dari sekian bukunya, dua diantaranya amat masyur dan berpengaruh The City of God dan Confessions. Yang disebut belakangan itu merupakan buku otobiografi terbaik yang pernah dibuat orang tatkala umurnya memasuki empat puluhan.

Banyak surat-surat Augustine dan petuah-petuah rohaninya ditujukan untuk membantah faham Manichaeisme, penganut Donastis (sebuah sekte Kristen murtad), dan kaum Pelagian (para pembangkang gereja saat itu). Pertentangannya dengan kaum Pelagian membentuk bagian penting dan doktrin keagamaan Augustine. Pelagius adalah seorang pendeta Inggris yang datang berkunjung ke Roma sekitar tahun 400 dan di sana menyebarkan pelbagai doktrin teologi yang menarik. Masing-masing kita --kata Pelagius--tidaklah dibebani dosa orisinal yang terbawa sejak lahir, dan masing-masing kita punya kebebasan untuk memilih kebaikan dan keburukan. Dengan hidup yang lempang dan kerja baik, tiap pribadi akan terbebas dari beban dosa.

Sebagian lantaran pengaruh tulisan-tulisan Augustine, pandangan Pelagius dicap sebagai faham yang menyimpang, dan Pelagius sendiri (yang sudah dienyahkan dari Roma) dikucilkan. Menurut Augustine, semua orang tercemar oleh dosa Adam. Manusia tak berkesanggupan peroleh pengampunan dosa semata-mata lewat usaha sendiri dan kerja baik: berkah dan restu Tuhan penting dalam hal pengampunan dosa. Pendapat yang serupa sebenarnya pernah diutarakan orang, tetapi Augustine memperjelasnya dan tulisan-tulisannya memperkokoh kedudukan gereja dalam segi ini yang di hari kemudian dijadikan pegangan.

Augustine beranggapan bahwa Tuhan sudah maklum siapa yang mau diselamatkan dan siapa yang tidak, dan sebagian dari kita sudah ditakdirkan untuk jadi selamat. Pendapat tentang takdir ini menjadi berkembang dan berpengaruh melalui pendapat teolog-teolog yang menyusul belakangan seperti St. Thomas Aquinas dan John Calvin.

Mungkin yang lebih penting dari doktrin takdir adalah sikap Augustine yang berkaitan dengan seks. Tatkala dia memeluk Agama Kristen, Augustine sudah ambil keputusan bahwa untuk dirinya sendiri perlu menjauhi seks. (Pernah sekali dia menulis, "Tak ada yang lebih perlu dihindari daripada hubungan seks"). Dalam pelaksanaan penolakan ini membuktikan betapa sulit buat Augustine. Baik perjuangan pribadinya maupun pandangan-pandangannya tentang masalah ini dipaparkan panjang-lebar dalam bukunya Confessions (Pengakuan). Pandangan yang dilontarkannya di sini --karena besarnya pengaruh Augustine-- menentukan pembentukan sikap yang kuat terhadap sikap abad pertengahan terhadap seks. Tulisan-tulisan Augustine berkaitan satu sama lain antara "dosa bawaan" dan gairah atas seks.

Di masa hidupnya Augustine, kekaisaran Romawi sedang merosot dengan derasnya. Buktinya, di tahun 410 kota Roma diduduki oleh kaum Visigoth di bawah pimpinan Alaric. Sudah barang tentu sisa-sisa orang Roma yang tidak percaya kepada Tuhan menganggap bahwa orang Roma kena kutuk dewa karena mereka memeluk Agama Kristen yang baru. Buku Augustine yang masyhur The City of God sebagiannya merupakan pembelaan Kristen terhadap tuduhan ini. Buku itu juga mengandung filosofi kesejarahan, yang akhirnya mempengaruhi perkembangan Eropa. Augustine menandaskan pendapat bahwa kekaisaran Romawi tidak punya makna dasar yang penting, begitu juga kota Roma, dan begitu pula kota mana pun juga di bumi. Yang sesungguhnya penting adalah tumbuhnya "kota Surgawi", yaitu kemajuan spiritual kemanusiaan. Alat untuk kemajuan ini adalah, tentu saja, gereja. ("Tak ada pengampunan di luar gereja"). Karena itu, para kaisar, baik dia penyembah berhala maupun Kristen atau barbar, tidaklah sepenting Paus atau gereja.

Meskipun Augustine sendiri tidak melakukan langkah final, dorongan dari argumennya memudahkan terbentuknya kesimpulan bahwa penguasa yang ada sekarang mesti berada di bawah Paus. Para Paus abad tengah bersorak sorai mendengar kesimpulan ini dan doktrinnya menjadi dasar pertentangan yang berjangka lama antara gereja dan negara yang menjadi ciri sejarah Eropa selama berabad-abad.

Tulisan-tulisan Augustine merupakan faktor penerus dari aspek tertentu filosofi Yunani menjadi filosofi Eropa abad tengah. Khususnya, Neoplatonisme amat kuat mempengaruhi kedewasaan berpikir Augustine, dan melalui Augustine mempengaruhi filosofi gereja abad pertengahan. Dan cukup menarik untuk dicatat bahwa Augustine memaparkan gagasannya sebelum pernyataan Descartes yang masyhur, "Saya berpikir, karena itu saya ada." Tentu saja dalam bahasa yang berbeda.

Augustine adalah teolog Kristen terbesar terakhir sebelum abad gelap, dan karya tulisannya membuahkan doktrin gereja dalam semua garis besarnya, dan dalam bentuk kasarnya, sepanjang abad pertengahan. Dia adalah orang yang paling menonjol dari para pendiri gereja Latin, dan buah pikirannya luas tersebar dan terbaca di kalangan pendeta. Pandangan tentang pengampunan, seks, dosa orisinal. atau dosa bawaan dan banyak lagi masalah-masalah pokok satu sama lain punya hubungan yang berpengaruh. Banyak teolog Katolik di belakang hari seperti St. Aquinas, begitu pula pemuka-pemuka Protestan seperti Luther dan Calvin menghirup air pengaruhnya.

Augustine wafat tahun 430 di Hippo pada umur tujuh puluh enam tahun. Kaum Vandal, salah satu suku barbar yang menyerbu dan mengobrak-abrik kekaisaran Romawi, sedang mengepung kota Hippo saat itu. Sebulan kemudian mereka menduduki kota dan membumihangusnya. Tetapi, perpustakaan serta gereja Augustine terhindar dari malapetaka itu.
Share:

ASOKA 300 SM-±232 SM

Raja terpenting dalam sejarah India mungkin sekali Asoka, penguasa ketiga dinasti Maurya dan cucu pendiri dinasti itu, Chandragupta Maurya. Chandragupta seorang pimpinan militer India yang --dalam saat nyaris berbarengan dengan peperangan yang dilancarkan Alexander Yang Agung-- menaklukkan hampir seluruh bagian India Utara, dan dengan sendirinya bisalah dianggap sebagai pendiri pertama sebuah kekaisaran besar di India.

Tahun kapan persisnya kelahiran Asoka tidak diketahui. Mungkin sekali mendekati tahun 300 SM dan dia naik tahta sekitar tahun 273 SM. Pada mulanya dia mengikuti saja jejak sang buyut dan berusaha meluaskan daerah kekuasaan lewat aksi militer. Pada tahun ke-8 pemerintahannya dia membereskan peperangan yang sukses terhadap Kalinga, negara di pantai timur India (kira-kira letak Orissa sekarang ini). Tetapi, begitu dia sadari betapa dahsyatnya harga yang mesti ditebus untuk kemenangan ini, Asoka merasa terpukul batin. Seratus ribu orang terbunuh, dan beratus ribu orang terluka. Tertekan dan merasa berdosa, Asoka berkeputusan menghentikan gerakan militer menaklukkan India, dan bersamaan dengan itu menjauhkan diri dari perbuatan agresif, dia menjadi pemeluk Buddha dan menerima filosofinya, mencoba mempraktekkan nilai-nilai "dharma" yang mengandung suruhan menjalankan kebenaran, kebajikan dan ketidakagresifan.

Buat pribadinya sendiri Asoka berhenti berburu dan menjadi "vegeterian" (tidak makan daging kecuali sayuran). Dalam segi-segi penting lain masih banyak sikap-sikap kemanusiaan yang dianutnya. Dia mendirikan rumah-rumah sakit dan tempat-tempat peribadatan, mengeluarkan aturan-aturan yang meringankan buat penduduk, membangun jalan-jalan dan memajukan perairan. Bahkan Asoka secara khusus menunjuk pejabat pemerintah yang disebut "pejabat dharma", bertugas menyuruh rakyat supaya beribadah kepada Tuhan, supaya mengembangkan semangat hidup berbaik-baik sesama manusia. Semua agama mendapat tempat yang sama di wilayah kerajaannya. Toleransi Asoka tampak nyata sekali, walau Agama Buddha peroleh perhatian khusus yang menguntungkan pertumbuhan agama itu. Utusan-utusan Buddha dikirim ke luar negeri, dan missi mereka mencapai hasil besar khususnya di Srilangka.

Asoka memerintahkan mencatat kehidupan dan langkah kebijaksanannya yang ditulis di tiang-tiang atau batu-batu karang tersebar di seluruh negeri. Banyak monumen-monumen itu masih bisa tahan hingga sekarang.

Penempatan monumen-monumen itu secara geografis memungkinkan kita peroleh informasi yang dapat dipercaya mengenai luas kekuasaan Asoka, dan tulisan-tulisan yang tertera di atasnya merupakan sumber utama pengetahuan kita mengenai kariernya. Secara kebetulan, tiang-tiang ini juga dianggap sebagai hasil kerja seni tingkat tinggi.

Dalam tempo lima puluh tahun sesudah Asoka wafat, Kerajaan Mauryan berantakan dan tak pernah bisa bangkit kembali. Sementara itu, melalui dukungannya kepada Agama Buddha, pengaruh jangka panjang Assoka terhadap dunia dengan sendirinya menjadi amat luas. Tatkala dia naik tahta, Agama Buddha masih kecil sekali penganutnya, cuma bersifat lokal, dikenal cuma di bagian barat laut India. Tetapi, tatkala wafatnya, penganutnya sudah meliputi seluruh India dan dengan cepat pengaruhnya sudah menyebar ke negeri-negeri tetangga. Lebih dari siapa pun juga --kecuali Gautama sendiri--Asoka adalah seorang yang bertanggung jawab atas berkembangnya Agama Buddha menjadi agama besar dunia.
Share:

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook