yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Tuesday 4 July 2023

Heboh JIS Ciptaan Anies Mau Direnovasi, Ini Faktanya

 Jakarta International Stadium (JIS) di Ancol, Jakarta Utara kabarnya akan direnovasi pemerintah. JIS disebut-sebut masuk dalam daftar stadion sepak bola yang akan menjadi tempat pertandingan Piala Dunia U-17 pada 10 November sampai dengan 2 Desember 2023. Tidak hanya JIS, renovasi juga akan dilakukan terhadap 22 stadion lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Heboh kabar JIS mau direnovasi direspons oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir. Apa tanggapan mereka?

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pun buka suara soal ini. Basuki mengungkapkan bahwa dia akan memanggil Ketum PSSI Erick Thohir dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono hari ini untuk membicarakan rencana renovasi JIS.

Basuki bilang rapat yang dilakukan besok akan membahas besaran anggaran untuk renovasi hingga segmen-segmen yang akan dilakukan perbaikan. Adapun anggaran renovasi menurutnya kemungkinan besar memanfaatkan anggaran pemerintahan DKI Jakarta.

"Mungkin DKI kelihatannya. Tapi besok pagi kami baru ketemu Pak Menteri BUMN dengan Pj Gubernur DKI di kantor saya," ungkap Basuki saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/7/2023).

Meski begitu, Basuki menekankan Kementerian PUPR sendiri belum mendapatkan tugas khusus dari Presiden Joko Widodo untuk merenovasi JIS. Sehingga belum ada alokasi anggaran dari kementeriannya untuk renovasi JIS.

"Kita yang lain-lainnya, yang 22 itu, yang kemarin dievaluasi. Nah kita sudah programkan termasuk yang kita cek yang dulu yang U-20 sudah siapkan. Kalau JIS kami belum ditugasin untuk itu," ucap Basuki.

Sebelumnya, Basuki pernah mengungkapkan bahwa JIS sebetulnya sudah dibangun sesuai dengan standar FIFA.

"Menurut saya (JIS) masih layak karena dulu sudah (siap) lightingnya, rumputnya, strukturnya, semua sudah standar FIFA," kata dia di Kementerian PUPR pekan lalu.

Namun, ia mengakui, stadion itu ada kekurangan dari sisi akses. Seperti bagaimana seharusnya stadion standar FIFA memiliki 4 pintu. Untuk itu, ia akan koordinasi dengan Erick Thohir yang juga Ketum PSSI.

"Bahwa ada pintunya harus 4 tapi baru ada 1. Ini saya baru mau koordinasi dengan beliau (Erick Thohir). Saya akan koordinasi dengan beliau secepatnya. Kalau memang perlu renovasi, renovasi," ujarnya.

Selain itu, parkiran JIS juga menjadi perhatian untuk diperbaiki. Ini berkaca dari pengalaman konser Dewa-19 pada bulan Februari lalu.

"Pengalaman yang (konser) Dewa dulu ya, karena anak saya juga lihat, katanya pulangnya juga susah. Tapi, akan kita evaluasi terlebih dahulu. Saya mau koordinasi dulu dengan Pak Ketum [PSSI]," ujarnya.

Rencana Jakarta Internasional Stadion BMW (Bersih Manusiawi Wibawa) Jakarta Utara  (dok. JakPro)Foto: Rencana Jakarta Internasional Stadion BMW (Bersih Manusiawi Wibawa) Jakarta Utara (dok. JakPro)
Rencana Jakarta Internasional Stadion BMW (Bersih Manusiawi Wibawa) Jakarta Utara (dok. JakPro)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook