yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Monday 3 July 2023

Anies Bangun JIS Sesuai Standar FIFA, Jokowi Mau Renovasi!

 


Jakarta International Stadium (JIS) yang dipelopori Anies Baswedan ketika menjabat Gubernur DKI Jakarta kini ramai diperbincangkan usai terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah gelaran Piala Dunia U-17. Apalagi di kesempatan yang sama Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) juga digunakan untuk konser Coldplay.

Perbincangan semakin hangat setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo pun menyebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan ada renovasi JIS, agar stadion tersebut bisa memenuhi standar.

"Target kan 22 stadion di Indonesia itu bisa digunakan kapan pun dan dimana pun. Untuk Jakarta International Stadium memang ada catatan dan itu terkait pintunya serta parkir. Ini rencana saya akan mengunjungi JIS dalam waktu dekat ini, karena memang Bapak Presiden juga menginginkan JIS direnovasi sesuai standar," kata Dito.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa stadion di Indonesia, termasuk JIS, siap digunakan untuk ajang sepak bola umur 17 tahun tersebut. Mengingat sebelumnya ada persiapan kompetisi U-20.


"Menurut saya [JIS] masih layak. Karena dulu sudah [siap] lightingnya, rumputnya, strukturnya, semua sudah standart FIFA," ujar Menteri PUPR Basuki beberapa waktu lalu di Kementerian PUPR, Kamis (29/6/2023).


Basuki menambahkan, kekurangan justru ada di sisi akses. Seperti bagaimana seharusnya stadion standar FIFA memiliki 4 pintu. Untuk itu, ia akan koordinasi dengan Ketum PSSI Erick Thohir.

"Bahwa ada pintunya harus 4 tapi baru ada 1. Ini saya baru mau koordinasi dengan beliau [Erick Thohir]. Saya akan koordinasi dengan beliau secepatnya. Kalau memang perlu renovasi, renovasi," ujarnya.

Selain itu, parkiran JIS juga menjadi perhatian untuk diperbaiki. Ini berkaca dari pengalaman konser Dewa-19 pada bulan Februari lalu.

"Pengalaman yang [konser] Dewa dulu ya, karena anak saya juga lihat, katanya pulangnya juga susah. Tapi, akan kita evaluasi terlebih dahulu. Saya mau koordinasi dulu dengan Pak Ketum [PSSI]," ujarnya.

Maka dari itu, pihak FIFA dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan mengecek kembali kesiapan stadion-stadion tersebut. Basuki pun berharap dirinya dapat turut hadir langsung dalam pengecekan tersebut.

Meskipun ia menilai stadion yang sudah direnovasi untuk gelaran U-20 sudah siap dipakai untuk U-17. Antara lain, Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno dan JIS (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook