3 Cara Jadi Kaya yang Paling Masuk Akal

 


Bicara soal cara jadi kaya, penulis buku "I Will Teach You To Be Rich," Ramit Sethi sempat mengutarakan sebuah nasihat yang sangat masuk akal untuk dipraktekkan, akan tetapi cara yang ini bukanlah hal yang mudah dilakukan.

"Cara paling utama untuk menjadi kaya itu sederhana sekali, namun hal itu terlihat membosankan. Namun hal itu terbukti berhasil," ujar Sethi, seperti dikutip CNBC Make It, tahun lalu.

Penasaran dengan apa yang dikatakan oleh Ramit? Berikut ulasannya.

Mulai investasi, & tambah modalnya pelan-pelan

Langkah pertama dan penting dalam mengembangkan kekayaan Anda adalah dengan investasi.

"Investasikanlah beberapa persen dari penghasilan Anda setiap tahun secara otomatis, dan tingkatkan persentase uang yang Anda investasikan sebesar 1% secara rutin," ujar Sethi.

Sethi menambahkan bahwa reksa dana indeks berbasis S&P 500 mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

"Kita selalu yakin bahwa orang kaya memiliki investasi rahasia, dan itulah yang membuat mereka sukses menghasilkan uang dalam jumlah banyak. Dengarkan saya, saya memiliki akses terhadap investasi tersebut, dan saya bisa memberitahukannya kepada Anda sekarang, aset itu tidak memiliki kinerja yang lebih baik ketimbang indeks S&P 500," imbuhnya.

Anda harus mendapatkan gaji yang "ideal"

Setelah belajar mengenai investasi, Sethi mengatakan bahwa langkah selanjutnya yang bisa Anda kerjakan adalah mendapatkan gaji atau penghasilan yang sesuai. Bagi karyawan, Anda mungkin bisa belajar untuk melakukan negosiasi kenaikan gaji terlebih dulu.

Lakukanlah riset seputar gaji pasaran untuk orang dengan spesialisasi dan skill seperti Anda. Intinya, dengan mengetahui nilai pasaran, Anda pun akan lebih percaya diri untuk bernegosiasi.

Ketika Anda merasa tempat kerja Anda tidak memiliki jenjang karier yang baik, jangan sungkan untuk mencari lagi agar Anda menemukan tempat terbaik.

Miliki penghasilan sampingan

"Kalau Anda ingin meningkatkan penghasilan Anda, pertimbangkanlah untuk membuka bisnis sampingan," lanjut Sethi.

Saat Anda ingin memulainya, pikirkan apa yang ingin Anda lakukan dan tujuan Anda kedepan, setelah itu kuatkanlah komitmen untuk meluangkan waktu.

Mungkin Anda berpikir bahwa hal ini adalah hal yang sulit dilakukan, namun percayalah bahwa saat hal ini sudah terbiasa Anda lakukan, maka Anda pun akan semakin terlatih untuk mencari peluang baru.

Tertarik mempelajari investasi lebih dalam? Atau mungkin Anda masih bingung dengan instrumen investasi yang tepat?

Anda mempelajarinya di Kelas Cuan, Belajar Investasi dari 0 Agar Hidup Gak Serba Ngutang dan Makan Tabungan.

Acara akan diselenggarakan pada 27 Juli 2024 secara online. Anda bisa langsung mendaftarkan diri di sini

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Previous Post Next Post