yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Friday 27 October 2023

Media Asing Sorot Pilpres RI, Sebut Capres Ini Menang Survei

 


Media asing kembali menyoroti pemilu presiden (pilpres) RI. Disebutkan bagaimana satu calon presiden (capres) "menang" dibanding yang lain.

Pilpres RI diikuti tiga galon antara lain Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Masing-masing berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka.

"Kandidat presiden Indonesia, Prabowo Subianto, menduduki peringkat teratas dalam jajak pendapat keempat dalam kurun waktu seminggu pada hari Kamis," tulis Reuters, dikutip Jumat (27/10/2023).

"Meskipun hanya unggul tipis dari Ganjar Pranowo dari partai berkuasa menjelang dimulainya kampanye bulan depan," tambahnya di artikel dengan judul "Indonesia presidential contender Prabowo maintains slim lead in new survey".

Reuters sendiri memuat jajak pendapat yang dilakukan pada 16-20 Oktober terhadap 2.567 responden oleh Indikator Politik Indonesia. Prabowo menang tipis dengan perolehan 37% suara, dengan 34,8% mendukung Ganjar dan 22% mendukung Anies, di mana survei memiliki margin kesalahan sebesar 1,97%.

"Hasil tersebut mencerminkan sebagian besar jajak pendapat dalam beberapa bulan terakhir yang menunjukkan Ganjar dan Menteri Pertahanan Prabowo bersaing ketat, dengan Anies berada di posisi ketiga," jelasnya.

"Survei terbaru ini dilakukan setelah keputusan pengadilan yang banyak mengkritik kelayakan kandidat yang secara efektif memungkinkan Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Joko Widodo, untuk bergabung dengan Prabowo sebagai pasangannya," tulis Reuters lagi.

Di sisi lain, media itu juga membuat pendapat survei soal dinasti. Hasilnya menunjukan sangat "memprihatinkan".

"Hampir 76% dari responden yang disurvei mengatakan bahwa Jokowi tidak boleh memihak kandidat tertentu," muat media tersebut.

"Indikator juga mengukur pendapat peserta mengenai dinasti dan menemukan bahwa hampir 48% responden memandangnya sebagai 'sangat mengkhawatirkan' atau 'cukup mengkhawatirkan'. Lembaga jajak pendapat tersebut mengatakan bahwa masuknya Gibran berpotensi merugikan suara Prabowo," tutupnya.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook