yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Wednesday 2 August 2023

Perang Chip, Joe Biden Utus Anak Buah Menghadap Xi Jinping

 


Menteri Perdagangan Amerika Serikat (AS) Gina Raimondo dijadwalkan untuk mengunjungi China pada akhir Agustus mendatang. Menurut sumber dalam, salah satu agenda Raimondo adalah mengurangi ketegangan antara Negeri Tirai Bambu dengan pemerintah Joe Biden.

Sumber dalam yang enggan disebut identitasnya itu mengatakan, belum jelas apakah kunjungan Raimondo akan berdampak langsung pada iklim bisnis AS.

Diketahui, perang dagang antara AS dan China belakangan kembali memanas. China memblokir raksasa teknologi AS, Micron Technology. AS pun melakukan pembatasan ekspor komponen chip ke China yang dibantu Jepang dan Belanda.

Tim media Kementerian Perdagangan menolak memberi tanggapan soal jadwal pasti kunjungan Raimondo ke negeri yang dipimpin Xi Jinping.

Beberapa saat lalu, Raimondo sempat mengatakan akan berkunjung ke China di akhir musim panas. Namun, ia masih mengatur jadwal dan rencana kunjungan.

Jika ia jadi berkunjung pada Agustus nanti, momentumnya lumayan sensitif. Sebab, Biden dijadwalkan akan menandatangani kebijakan pembatasan investasi teknologi AS di China pada pertengahan Agustus.

Rencananya, ada beberapa sektor kritis yang akan dibatasi AS ke China. Antara lain, industri semikonduktor, komputasi kuantum, serta kecerdasan buatan (AI). Pembatasan ini tak berlaku untuk investasi yang sudah berlangsung saat ini, melainkan khusus menyasar investasi yang hendak dilakukan di masa mendatang

Hal ini membuktikan AS sedikit melunak ke China. Sebab, China memegang peranan penting di industri teknologi. AS perlu berhati-hati ketika ingin melakukan boikot.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook