yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Friday 14 July 2023

Si Jalak Harupat Layak Gelar Pildun U-17? Jokowi: Tunggu FIFA

 


Presiden Joko Widodo melakukan tinjauan ke Stadion Si Jalak Harupat, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/7/2023). Jokowi melihat hasil renovasi yang dilakukan Kementerian PUPR dan menyimak proses seleksi timnas U-17.

Jokowi mengaku senang dengan proses seleksi renovasi yang dilakukan. Di mana ada perbaikan dari tempat duduk, rumput lapangan, lampu, tempat ganti pakaian, akses keluar masuk stadion.

Namun apakah Stadion Si Jalak Harupat bakal digunakan penyelenggaraan Piala Dunia U - 17, Jokowi menyebut masih tergantung keputusan dari FIFA.

"Yang menentukan (stadion) FIFA, bukan presiden, tugas kita menyiapkan dan memperbaiki serta merenovasi. Kalau sudah FIFA ke sini, siap gak (stadionnya)?," kata Jokowi, mengutip siaran Sekretariat Presiden, Rabu (12/7/2023).

Kepala negara menjelaskan sebelumnya FIFA sudah melakukan evaluasi stadion di Indonesia untuk penyelenggaraan Piala Dunia U - 20 meski gagal digelar di Indonesia. Namun untuk penyelenggaraan U-17 FIFA masih harus melakukan proses evaluasi kembali.

"Dulu pernah dicek oleh FIFA tapi akan ada proses ulang dari FIFA untuk U-17, karena kemarin dicek untuk U-20," kata Jokowi.

"Untuk U-20 kemarin sudah layak dipakai, tapi untuk U-17 perlu proses perbaikan lagi karena memang ini beda," tambahnya.

Ditanya mengenai target dalam piala dunia U-17 ini, Jokowi menyebut berharap Indonesia bisa menjuarai.

"Pertama bisa masuk penyisihan, syukur bisa masuk final, syukur bisa juara," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir sudah mengajukan delapan stadion kepada FIFA untuk menggelar Piala Dunia U-17 2023. Erick menyebut enam dari delapan stadion itu sudah lolos kualifikasi FIFA ketika Indonesia masih berstatus tuan rumah Piala DUnia U-20.

Enam Stadion itu antara lain :

- Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta)

- Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya, Jawa Timur)

- Stadion Si Jalak Harupat (Bandung, Jawa Barat)

- Stadion Manahan (Solo, Jawa Tengah)

- Stadion I Wayan Dipta (Gianyar, Bali)

- Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang, Sumatera Selatan)

"Kita, kan, sudah ada enam lapangan yang lolos kualifikasi sebelumnya (Piala Dunia U-20 2023). Nah, kita tambahkan dua lagi. Ya, kita sudah tahu yang mana ditambahkan. Enggak usah ditanyalah," ujar Erick dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI), Jumat (7/7/2023).

Saat ini pemerintah juga sedang melakukan renovasi stadion Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara yang juga bakal diajukan menjadi salah stadion yang mau digunakan dalam Piala Dunia U-17.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook