yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Wednesday 28 June 2023

Erick Ungkap Alasan RI Terpilih Tuan Rumah Piala Dunia U-17

 


Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI), Erick Thohir, mengaku belum mengetahui alasan pasti Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Namun, ia memperkirakan ada sejumlah faktor yang membuat FIFA melirik Indonesia untuk menjadi tuan rumah ajang dua tahunan tersebut.

"Saya belum tahu alasan utama penetapan ini," ujar Erick dalam keterangan tertulis yang diterima CNBC Indonesia, Sabtu (24/6/2023).

"Mungkin saja, [alasan Indonesia dipilih sebagai tuan rumah karena] beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepakbola dunia selama tiga bulan terakhir," imbuh Erick.

Menurut Erick, sejumlah faktor yang membuat FIFA mempercayakan status tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 kepada Indonesia adalah perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA dan kesuksesan Indonesia dalam menggelar dua FIFA Match Day, yakni melawan Palestina dan Argentina.

"[Dua FIFA Matchday] sukses dan menyita perhatian FIFA serta sepakbola internasional menjadi alasannya. Bagaimanapun juga, hal ini harus kita syukuri. Sebab, kepercayaan FIFA kepada kita masih tinggi. Ini harus kita jaga dan buktikan," kata Erick.

Sebelumnya, FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Hal tersebut diumumkan usai FIFA menggelar council meeting (rapat dewan) pada Jumat (23/6/2023) malam.

Dalam agenda tersebut, FIFA menentukan tuan rumah untuk beberapa gelaran FIFA, seperti Kongres FIFA ke-74, Piala Dunia Futsal, hingga Piala Dunia U-17. FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

"Piala Dunia U-17 tahun ini (2023) akan digelar di Indonesia," tulis FIFA melalui akun Twitter resminya (@FIFAcom), dikutip Sabtu (24/6/2023).

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti lokasi pelaksanaan Piala Dunia U-17 FIFA 2023. Namun, berdasarkan agenda FIFA, Piala Dunia U-17 FIFA 2023 akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Erick mengaku, PSSI belum mendapatkan pemberitahuan secara resmi. Meskipun demikian, pihaknya akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi tuan rumah yang sesuai dengan harapan FIFA.

"Saya belum mendapat surat pemberitahuan secara resmi. Ini baru pengumuman yang dilansir dari FIFA pada sidang FIFA Council Jumat malam di Zurich. Kini yang terpenting, bagaimana kita menyiapkan diri agar menjadi tuan rumah yang baik," papar mantan Presiden Inter Milan tersebut.

"Saya hanya bisa mengucapkan rasa syukur dan Alhamdulillah karena FIFA Council mengambil keputusan bersama untuk menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini. Ini salah satu bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo," imbuhnya.

Sebelumnya, Piala Dunia FIFA U-17 akan diselenggarakan di Peru. Namun, status tersebut dicabut pada 3 April 2023 karena Peru dinilai tidak siap dari segi infrastruktur untuk menggelar turnamen dua tahunan tersebut.

Melansir dari Infobae, Pemerintah Peru dikabarkan menolak untuk mengeluarkan anggaran lebih untuk renovasi Stadion Nasional, Lima, Peru yang rencananya akan menjadi stadion utama Piala Dunia U-17 2023. Akibat hal tersebut, FIFA pun mencabut status tuan rumah Peru.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook