yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Thursday 28 September 2017

Cium Tangan, Kearifan Lokal yang Jadi Tradisi Indonesia di Turnamen DNC

Cium tangan merupakan kearifan lokal ala Indonesia yang dijaga oleh generasi muda. Menghormati lawan dengan mencium tangan pun dilakukan oleh Tim Indonesia U-12 yang berlaga di Danone Nations Cup 2017.


Mencium tangan orang yang lebih tua merupakan sopan santun yang secara turun temurun terjadi dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal itu pun dilakukan Tim Indonesia U-12 kepada wasit saat bertanding di DNC 2017.

Menariknya, kearifan lokal Indonesia tersebut diikuti oleh beberapa peserta dari lain negara. Salah satuhnya adalah pemain dari Afrika Selatan yang mencium tangan pemain Indonesia usai pertandingan. Padahal usia mereka sama-sama di bawah 12 tahun.

Namun, bukan hanya di DNC tahun ini saja, kearifan lokal tersebut ditampilkan oleh pesepak bola muda Indonesia. Momen itu terjadi di pertandingan Indonesia kontra Perancis di DNC tahun lalu. Hal itu pun terus berlangsung dan menjadi sorotan saat Indonesia melawan Argentina di babak perdelapan final.

Saat itu Indonesia kalah dari Argentina. Meski demikian, sikap sopan pemain Indonesia mendapat pujian dan apresiasi tinggi dari penonton dan juga lawan.

Kini di New York, para pemain muda ini terus menerapkan tradisi kesantunan di Tanah Air. Mencium tangan mereka yang dianggap lebih tua.

Penulis : Gery Putra
Ediror : Yunus
Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook