REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KEUANGAN TAHUN ANGGARAN 2013

share

PENGUMUMAN
NOMOR : PENG-03/PANREK/IX/2013
REKRUTMEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KEUANGAN TAHUN ANGGARAN 2013

Kementerian Keuangan memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk bergabung bersama Kementerian Keuangan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil yang akan ditugaskan di unit kerja Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai berikut:

I. UNIT ESELON I YANG MEMBUTUHKAN PEGAWAI BARU:

1. Sekretariat Jenderal;
2. Direktorat Jenderal Anggaran;
3. Direktorat Jenderal Pajak;
4. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai;
5. Direktorat Jenderal Perbendaharaan
6. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara;
7. Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang;
8. Inspektorat Jenderal;
9. Badan Kebijakan Fiskal;
10. Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.

*Tryout dan kisi-kisi Soal CPNS Kemenkeu 2013 : http://goo.gl/EmHo8T
II. KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN NAMA JABATAN
TINGKAT PENDIDIKAN - KODE PROGRAM STUDI (KP)-PROGRAM STUDI (PS)-NAMA JABATAN -JUMLAH FORMASI**

* Sarjana (S-I)

-> 01. Akuntansi - Penata Laporan Keuangan/ Analis Anggaran/ Analis Pajak/ Analis Bea dan Cukai/ Analis Aset Negara -591 orang.
-> 02. Ilmu Ekonomi/ Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan/ Ekonomi Pembangunan/Ilmu Ekonomi Pembangunan - Penata Laporan Keuangan/ Analis Anggaran/ Analis Pajak/ Analis Bea dan Cukai/ Analis Fiskal - 53 orang
-> 03. Ilmu Hukum - Penata Laporan Keuangan/ Analis Anggaran/ Analis Pajak/ Analis Bea dan Cukai/ Analis Aset Negara/ Analis Fiskal - 429 orang
-> 04. Manajemen - Penata Laporan Keuangan/ Analis Anggaran/ Analis Pajak/ Analis Aset Negara/ Analis Fiska - 121 orang
-> 05. Statistik/Statistika - Penata Laporan Keuangan/ Analis Anggaran/ Analis Pajak/ Analis Bea dan Cukai - 69 orang
-> 06. Sistem Informasi/Sistem Informatika - Analis Pajak/ Analis Bea dan Cukai - 60 orang
-> 07. Teknik Informatika/Teknologi Informasi - Analis Pajak/ Analis Bea dan Cukai/ Analis Aset Negara/ Analis Fiskal - 57 orang

* Diploma Pelayaran ( D-III)
-> 08. Pelayaran (Nautika)* - Mualim - 10 orang
-> 09. Pelayaran (Teknika)* - Juru Motor - 10 orang

* Diploma Umum (D-III)
-> 10. Akuntansi/ Keuangan dan Perbankan/ Perpajakan/ Manajemen Perpajakan - Verifikator Pajak - 1.000 orang
-> 11. Teknik Informatika - Verifikator Pajak/ Verifikator Bea dan Cukai - 172 orang
-> 12. Manajemen Informatika/ Teknik Komputer - Manajemen Informatika/ Teknik Komputer - Verifikator Bea dan Cukai - 27 orang
-> 13. Kimia/ Analis Kimia/ Analisis Kimia/ Kimia Analisis/ Kimia Analis - Analis Laboratorium - 20 orang
-> 14. Farmasi/Analis Farmasi - Analis Laboratorium - 10 orang

* SMK PElayaran
-> 15. SMK Pelayaran/SPM Nautika - Juru Mudi - 40 orang
-> 16. SMK Pelayaran/SPM Teknika - Juru Minyak - 40 orang

* SMK Umum
-> 17. Teknik Mesin (Teknik Permesinan)/ Teknik Perkapalan (Kelistrikan Kapal/ Konstruksi Kapal Kayu/Kapal Fiberglass/Kapal Baja)/ Teknik Telekomunikasi (Teknik Transmisi Telekomunikasi) -Kelasi Kapal - 80 orang
-> 18. Teknik Mesin / Teknik Elektronika - Operator X-Ray - 100 orang
-> 19. Kimia/ Kimia Industri - Analis Laboratorium - 10 orang
-> 20. Farmasi/Farmasi Industri - Analis Laboratorium - 10 orang

TOTAL JUMLAH 2.909

Catatan:
* Memiliki sertifikat ANT-III untuk DIII Pelayaran (Nautika) dan ATT-III untuk DIII Pelayaran (Teknika).
** 1 Formasi Penata Laporan Keuangan dan 1 Formasi Analisis Fiskal khusus untuk putra/putri Papua.

!!Tryout dan kisi-kisi Soal CPNS Kemenkeu 2013 : http://goo.gl/EmHo8T

III. PERSYARATAN PENDAFTARAN
1. Warga Negara Indonesia;
2. Tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya;
3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;
5. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri;
6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh pemerintah;
7. Pelamar merupakan lulusan:
7.1.Sarjana (untuk Kode KP 01 sampai dengan KP 07) dengan IPK Minimal 2,75 (dua koma tujuh lima dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
7.2.Diploma Pelayaran (untuk Kode KP 08 dan KP 09) dengan IPK minimal 2,50 (dua koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
7.3.Diploma Umum (untuk Kode KP 10 sampai dengan KP 14) dengan IPK minimal 2,75 (dua koma tujuh lima dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
7.4.SMK Pelayaran (untuk Kode KP 15 dan KP 16) dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 6,50 (enam koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan);
7.5.SMK Umum (untuk Kode KP 17 sampai dengan KP 20) dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan).
8. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 1 Desember 2013:
8.1. Minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun untuk kode KP 01 sampai dengan KP 07 (Sarjana S-1);
8.2. Minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun untuk kode KP 08 dan KP 09 (Diploma Pelayaran);
8.3. Minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun untuk kode KP 10 sampai dengan KP 14 (Diploma Umum);
8.4. Minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk kode KP 15 dan KP 16 (SMK Pelayaran), bagi yang memiliki sertifikat ANT/ATT-IV dapat mendaftar dengan usia maksimal 30 tahun;
8.5. Minimal 18 tahun dan maksimal 20 tahun untuk Kode KP 17 sampai dengan KP 20 (SMK Umum).
9. Khusus Kode KP 08 wajib memiliki Sertifikat ANT-III dan Kode KP 09 wajib memiliki Sertifikat ATT-III;
10. Khusus Kode KP 08, KP 09, KP 15 sampai dengan KP 18 memiliki persyaratan tambahan sebagai berikut:
10.1.Laki-laki;
10.2.Tinggi badan minimal 155 cm;
10.3.Tidak buta warna dan tidak cacat badan.

IV. TATA CARA PENDAFTARAN
1. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui website http://rekrutmen.kemenkeu.go.id/ mulai tanggal 6 September 2013 sampai dengan tanggal 20 September 2013;
2. Pada saat pendaftaran secara online, pelamar harus membaca dengan cermat petunjuk pendaftaran online serta mengunggah (upload) berkas:
2.1. File hasil scan ijazah berjenis PDF File, dengan ukuran maksimal 300 kB (kilobyte);
2.2. File hasil scan transkrip nilai berjenis PDF File, dengan ukuran maksimal 300 kB (kilobyte);
2.3. File hasil scan Sertifikat ANT/ATT III (KP 08 dan 09) / ANT/ATT IV (KP 15 dan 16 dengan usia diatas 26 s.d. 30 tahun) berjenis PDF File, dengan ukuran maksimal 300 kB (kilobyte);
Asli Ijazah, Asli Transkrip, dan Asli Sertifikat ANT/ATT wajib dibawa saat Pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU);
3. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online agar mengunduh (download) dan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran.

V. SELEKSI DAN PELAKSANAAN TES
* -> Tryout dan kisi-kisi Soal CPNS Kemenkeu 2013 : http://goo.gl/EmHo8T
1. Seleksi melalui 4 (empat) tahap dengan sistem gugur yang meliputi:
1.1.Seleksi Administrasi;
1.2.Tes Kompetensi Dasar (TKD);
1.3.Psikotes Lanjutan;
1.4.Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Wawancara (Wawancara hanya untuk pelamar dengan Tingkat Pendidikan Sarjana (S-1)).
2. Tes akan dilaksanakan di kota:
2.1. Banda Aceh;
2.2. Medan;
2.3. Padang;
2.4. Palembang;
2.5. Jakarta;
2.6. Yogyakarta;
2.7. Surabaya;
2.8. Denpasar;
2.9. Pontianak;
2.10. Banjarmasin;
2.11. Balikpapan;
2.12. Makassar;
2.13. Manado;
2.14. Kupang;
2.15. Jayapura.
3. Pelamar dapat melihat pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada tanggal 25 September 2013 melalui portal Kementerian Keuangan www.kemenkeu.go.id atau http://rekrutmen.kemenkeu.go.id/ serta Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan di daerah;
4. Informasi lebih lanjut mengenai Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ini dapat dilihat melalui portal Kementerian Keuangan www.kemenkeu.go.id atau http://rekrutmen.kemenkeu.go.id/.

VI. LAIN – LAIN
Dalam proses pendaftaran Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2013 berlaku ketentuan sebagai berikut:
1. Bagi mereka yang pernah mengajukan lamaran ke Kementerian Keuangan sepanjang memenuhi syarat dalam pengumuman ini, supaya mengajukan lamaran kembali sesuai prosedur yang berlaku (lamaran yang telah dikirim ke Kementerian Keuangan dianggap tidak berlaku);
2. Bagi mereka yang pernah mengisi Form Pendataan Campaign baik yang telah mendapatkan email pemberitahuan pendaftaran maupun yang belum, sepanjang memenuhi syarat dalam pengumuman ini, supaya mengajukan lamaran sesuai prosedur yang berlaku;
3. Dalam rangka Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ini tidak ada bimbingan tes atau persiapan pendahuluan, tidak diadakan surat menyurat dan tidak dipungut biaya apapun selama proses seleksi/tes;
4. Pengumuman setiap tahapan tes ditayangkan secara online dan dapat dilihat pada portal Kementerian Keuangan www.kemenkeu.go.id atau http://rekrutmen.kemenkeu.go.id/;
5. Kelulusan pelamar pada setiap tahapan tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar. Apabila ada pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan dapat diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan dan agar dilaporkan melalui website www.wise.kemenkeu.go.id. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut;
6. Keputusan Panitia dalam hal kelulusan pendaftar/pelamar pada setiap tahap tes bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
7. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes, maupun setelah diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian Keuangan berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan, menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut, dan melaporkan sebagai tindak pidana ke pihak yang berwajib, karena telah memberikan keterangan palsu.

Jakarta, 1 September 2013
Ketua
ttd
Kiagus Ahmad Badaruddin
NIP 19570329 197803 1 001

Download versi pdf : https://docs.com/VGFC

Bagi Anda yang mau mendaftar CPNS Kemenkeu 2013 Saran kami saat ini fokuslah dengan belajar jenis soal-soal CPNS sesuai kisi-kisi pemerintah agar Anda bisa benar-benar siap menghadapi Ujian CPNS tahun ini. Agar proses belajar Anda lebih terarah dan tepat sasaran kami sarankan Anda belajar dengan metode terbaik yang bisa Anda dapatkan di: http://goo.gl/EmHo8T

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Previous Post Next Post