yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Saturday 11 February 2012

Terminology Hardware Komputer

share

SPEAKER
Coaxial
Adalah salah satu bentuk kabel yang digunakan sebagai interkoneksi antara peralatan elektronik dan mengirimkan data Audio atau Video. Kabel jenis ini, memiliki karakteristik penggunaan sata buah pin di tengah sebagai pengirim data, dan dikelilingi pelindung logam yang berperan sebagai ground. Selain mengirimkan data analog coaxial ijuga dapat mengirimkan data digital.

Decoder
Dapat berupa software atau hardware yang digunakan untuk mengubah data Audio maupun Video, dari bentuk format digital menjadi bentuk aslinya.

Dolby Digital
Salah satu teknologi untuk menghasilkan suara surround digital. Biasanya, teknologi ini digunakan dalam pemrosesan dan pembentukan data audio untuk film-film di bioskop atau film-film pada media kepingan seperti DVD. Untuk mengoptimalkan teknologi Dolby Digital yang dikembangkan oleh Dolby Laboratories ini, dibutuhkan minimal 5 speaker dan 1 subwoofer.

Driver atau Tranducer
Adalah nama lain dari speaker itu sendiri, dimana tidak termasuk boks maupun komponen elektronik lainnya seperti amplifier. Ukuran tiap driver biasanya ditentukan dari diameter membren speaker dari satuan inci.

Equalizer
Alat untuk memperbaiki kualitas frekuensi yang diterima suatu rangkaian transmisi. Alat ini biasanya dirangkaikan bersama alat transmisi lain.

DESKTOP PC
Keyboard
Periferal untuk input data di komputer dengan konfigurasi tombol QWERTY, Selain dari konfigurasi tombol QWERTY, sebuah keyboard komputer juga dilengkapi standar tombol-tombol lainnya untuk dapat menggunakan semua fitur yang dimiliki oleh sebuah komputer. Dan biasanya dioperaasikan secara kombinasi.

Monitor
Alat output komputer yang berupa display untuk dapat menunjukan secara langsung pemrosesan oleh komputer yang sedang terjadi.

Mouse
Alat input data di komputer untuk dapat menggerakan kursor di monitaor display, agar dapat memilih langsung aplikasi-aplikasi yang akan dijalankan. Mouse untuk lebih komputer ber-OS GUI.

MOTHERBOARD
Chipset
Chips atau Chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan unuk menyimpan informasi dan intruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip didalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasat dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dan grafik 3D dan output pada monitor anda.

FSB (Front Side Bus)
Pada microprocessor, FSB menghubungkan processor dengan memory utama. Dan juga digunakan untuk mengkomunikasikan antara processor dengan komponen lainnya yang ada di motherboard.

HSF (Heat Sink Fan)
Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanyaterbuat dari alumunium. Pemakaian fan sebagai penyerap suhu ini akan meningkatkan performa kerja komputer.

IDE (Integrated Drive Electronics)
Sebuah tipe hardware interfaceyaang berfungsi untuk menghubungkan harddisk, CD-ROM, dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat populer dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk menghubungkan komponen-komponen hardware.

IDE Controller
Salah satu yang dimmiliki chipset pada motherboard, untuk mengatur komunikasi data pada harddisk, CD-ROM dan sebagainya, serta me-manage-nya.

LGA775
Memiliki kepanjangan Land Grid Array, adalah jenis socket yang digunakan CPU khususnya Intel, dimana kini pin berada di socket, bukannya diprocessor lagi. Sedang angka 775 menunjukan banyaknya kaki-kaki pin processor.

Nortbridge
Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan processor ke memory system dan bus AGP dan PCI. Chip lainnya adalah Southbridge.

NOTEBOOK
BrightView
Suatu fitur yang biasanya berada pada setting monitor berbentuk LCD. Fitur ini menampilkan kontras warna menjadi lebih tajam dan jelas. Masing-masing prodesen notebook memilikiistilah tersendiri untuk fasilitas yang serupa.

PC Card
Kartu ekspansi yang biasanya digunakan pada notebook tersebut memiliki fungsi-fungsi baru, seperti WLAN, Bluetooth, Sound dan lain-lainnya.

PCMCIA
Kependekan dari Personal Computer Memory Card International Association, adalah sebuah organisasi yang beranggotakan lebih dari 500 perusahaan, dimana telah mengembangkan sebuah standar untuk komponen yang berukuran kecil. Kurang lebih sebesar kartu kredit, dan biasa disebut PC Card. Dimana penggunaan mayoritas untuk komputer notebook.

SO-DIMM
Kependekan dari Small Outline DIMM, merupakan versi lebih kecil dari DIMM standar yang biasanya digunakan pada komputer notebook. SO-DIMM terbagi menjadi dua jenis. Pertama untuk jenis yang memiliki jumlah pin sebanyak 72 pin. Ia merupakan memory berinterface 32-bit. Untuk jenis 144 pin adalah memory 64-bit.

PROCESSOR
ALU
ALU(Arithmetic and Logic Unit) adalah bagian dari processor yang bertugas melakukan perhitungan terhadap data.

Assembly
Bahasa yang dikenali microprocessor, walaupun setiap CPU memiliki bahasa assembly tertentu yang lebih spesifik

CPU
Central Processing Unit, juga dikenal sebagai processor atau microprocessor yang merupakan otak utama dari sebuah komputer. Komponen ini bertanggung jawab dalam hal mengeksekusi intruksi-intruksi komputer, dan merupakan salah satu elemen paling penting di dalam komputer.

Dual-core
Sebuah processor dual core adalah CPU yang dibangun/dibentuk dari dua processor independenyang digabungkan di dalam satu integrated circuit, atau di dalam satu chip silikon.

MIPS
Merupakan singkatan dari millions of intructions per seconds, yakni istilah yang digunakan sebagai indikasi kasar dari kinerja CPU.

VGA
API (Application Programming Interface)
Sebuah gabungan perintah dan urutan intruksi yang bisa digunakan pengembang software untuk mendesain games atau aplikasi. Dengan adanya standar API ini, pengembang tidak harus menspesifikasikan aplikasi yang dibuatnya berdasar arsitektur hardware tertentu. Intinya, API berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan antara pengembang (programmer) dengan hardware.

Core Clock
Nilai frekuensi yang dimiliki chip grafis pada video card. Biasanya semakin besar nilai frekuensi ini, maka semakin tinggi kinerjanya. Nilai frekuensi ini dinyatakan dalam satuan Hz (Hertz), dan juga biasa ditambahkan cakupan nilai seperti mega (jutaan), giga (miliaran), dan sebagainya.

Direct3D
Salah satu fungsi API pada Microsoft DirectX. API ini digunakan untuk kontrol terhadap rendering grafis 3D, dan komunikasi dengan chip grafis.

D-Sub
Standar output yang dipakai dari Video Card ke monitor, dengan menggunakan koneksi 15 pin.

DVI-I
Salah satu varian DVI yang dapat dilalui sinyal analog maupun digital. DVI sendiri merupakan konektor yang digunakan pada monitor LCD, yang sangat efektif untuk mengurangi noise video saat dilakukan konversi dari digital ke analog, dan kembali ke digital lagi.

GPU
Graphic Processing Unit adalah processor yang digunakan pada video card dalam pemrosesan gambar.
HDR
High Dynamic Range adalah prosedur renderring pencahayaan yang didesain untuk mengemulasi bagaimana level cahaya di dunia nyata memiliki range warna yang luas. Hal ini biasanya didapatkan menggunakan data floating point untuk tekstur dan target yang akan di-render, termasuk pengunaan algoritma pencahayaan. Mengaktifkan efek ini memiliki performance bit yang besar.

NETWORK
802.11a
Standar wireless nettwork dengan maksimumdata transfer rite 54 Mbps, dan bekerja pada frekuensi 5 GHz.

802.11b
Standar wireless network dengna maksimumdata transfer rate 11 Mbps, dan bekerja pada frekuensi 2,4 GHz.

802.11g
Standar wireless network dengan maksimum data transfer rate 54 Mbps (typical 200 Mbps), dan bekerja pada frekuensi 2,4 GHz, dengan backward compatibility berperangkat 802.11b.

802.11n
Standar wireless network dengan maksimum data transfer rate 600 Mbps, dan bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz atau 5 GHz. Standar spesifikasi ini diperkirakan akan difinalisasi tahun 2009.

Acces Point
Suatu alat yang memungkinkan komputer berperangkat wireless dan alat-alat lainnya untuk berkomunikasi via jaringan berkabel. Ini juga digunakan untuk memperluas jangkauan dari sebuah jaringan nirkabel.

Channel
Di dunia komunikasi, channel merujuk pada media yang digunakan untuk membawa informasi dari si pengirim (transmiter) ke penerima (receiver).

Ethernet
Suatu protokol Local Area Network yang dikembangkan Xerox Corporation dengan DEC dan Intel pada sekitar tahun 1976.

CASING
Case/Casing
Adalah kotak/tempat bernaungnya komponen-komponen utama komputer selain monitor dan keyboard.

Frame and Cover
Adalah rangka dari casing/chassis dan juga cover penutup. Ia biasanya dibentuk dari rangka-rangka loga. Untuk bagian cover, biasanya dibuka dengan menggesernya kebelakang. Setelah mur yang menguncinya di buka.

Power Supply
Atau PSU, adalah komponen yang biasanya dibundle langsung di dalam casing (walau tidak mesti) sebagai unit yang meng-handle alokasi daya dari komputer.

LED
Kebanyakan casing dilengkapi dua lampu indikator dalam bentuk LED, untuk menunjukan status power on dan operasional harddisk. Beberapa juga ada yang menyediakan indikator LED untuk status turbo. Meskii untuk turbo ini sudah ketinggalan, atau beberapa fungsi lainnya seperti kecepatan kipas, suhu, dan lain-lain. Agar mempermudah monitoring.

TV TUNER
Analog
Adalah salah satu bentuk penyaluran sinyal-sinyal frekuensi tertentu. Bisa dalam bentuk listrik, gelombang, dan lain sebagainya. Sinyal analog tidak memiliki perbedaan yang jelas antara nilai variabel satu dengan variabel lainnya (continuous), atau perubahan kedalam variabel sinyal yang satu ke yang lainnya berlanjut secara berkala. Hal ini berbeda dengan sinyal digital yang lebih jelas/diskrit.

Composite
Sejenis interkoneksi kabel di dunia audio video untuk beragam peralatan elektronik, VCR, camcorder, dan lainnya. Umumnya ia berukuran 3,5 inci.

Scanning
Proses yang menggunakan alat input elektronik tertentu untuk mengubah informasi analog dari gelombang broadcast yang didapat, agar bisa dikenali oleh komputer.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook