yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Sunday 19 November 2023

Rumput JIS Dikritik Warganet, FIFA Malah Bilang Begini

 


Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) buka suara terkait kondisi rumput lapangan Jakarta International Stadium (JIS) yang dikritik warganet selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 hingga saat ini.

Mengutip dari laman resmi PSSI, FIFA menegaskan bahwa JIS telah melakukan uji coba dengan baik dalam jangkauan internasional yang optimal.

Sejauh ini, seluruh tim yang telah bermain di keempat stadion Piala Dunia U-17 2023 menyatakan puas dengan kualitas lapangan di stadion dan tempat latihan. Bahkan, FIFA mengaku puas atas pencapaian PSSI dan Pemerintah Indonesia yang telah memenuhi tugas renovasi stadion, termasuk JIS.

"Sejak terpilihnya JIS sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-17, PSSI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah bekerja keras untuk meningkatkan kualitas stadion dan memenuhi persyaratan minimum stadion yang digunakan untuk turnamen resmi FIFA," ujar FIFA dalam keterangannya, Selasa (14/11/2023).

Selain JIS, tiga stadion lain yang menjadi tuan rumah pertandingan, yakni Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya, Jawa Timur), Stadion Jalak Harupat (Bandung, Jawa Barat), dan Stadion Manahan (Solo, Jawa Tengah) juga dinilai sesuai dengan standar turnamen sepak bola internasional.

FIFA Ungkap Jenis Rumput Lapangan Stadion Piala Dunia U-17 2023

Senior Pitch Management FIFA, Alan Ferguson, mengatakan bahwa jenis rumput yang digunakan di lapangan adalah Zoysia. Menurut Ferguson, kualitas rumput yang biasa tumbuh di negara tropis ini sangat baik terlepas dari faktor kelembapan dan curah hujan.

Ferguson mengatakan, penggunaan rumput Zoysia akan menjadi tantangan khusus selama Piala Dunia U-17 2023, terutama dari faktor kelembapan dan curah hujan saat musim hujan.

"Namun, semua itu telah dikelola dengan sangat baik dengan gangguan yang minimal. Pemeliharaan lapangan, alat pemotong rumput, dan impor peralatan profesional merupakan hal baru di Indonesia," ujar Ferguson.

"Saya pikir tidak hanya menyediakan platform yang bagus untuk turnamen yang hebat, tetapi juga menyediakan platform yang bagus untuk warisan yang hebat," imbuhnya.

Menurut PSSI, hingga 9 Oktober 2023 lalu, rumput Zoysia yang digunakan di JIS dipanen langsung dari Universitas Pelita Harapan (UPH). Sementara itu, proses penggantian lapangan diawasi secara ketat oleh tim manajemen lapangan FIFA yang melakukan pengecekan kualitas setiap hari.

"Proses pemanenan menggunakan mesin khusus yang dapat menghasilkan gulungan rumput seperti karpet dengan ketebalan lebih dari 4 sentimeter," tulis PSSI.

Rumput Lapangan JIS Dikritik Warganet

Sebelumnya, warganet mengkritik kondisi rumput stadion yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara itu setelah menggelar dua pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Warganet menilai, rumput stadion JIS tidak bagus karena memiliki warna yang berbeda-beda, yakni hijau terang di sebagian sisi lapangan dan hijau gelap di sisi lapangan lainnya. Tidak hanya itu, tidak sedikit warganet yang membandingkan rumput saat sebelum dan sesudah diganti untuk Piala Dunia U-17.

Melansir dari detiksport, Anggota Komite Eksekutif (Exco), Arya Sinulingga, meminta warganet untuk menyaksikan rumput secara langsung di stadion, bukan dari televisi.

"Tentu lapangannya bagus, kalau lapangan dan rumput tidak bagus, mana mungkin dong mereka (Inggris) bisa sampai 10-0. Terkadang saya juga bingung, dibandingkan, ini zaman dulu ini sekarang begini," ujar Arya.

"Terkadang orang tidak melihat, rumput itu bukan sekadar soal penampakan di TV, apalagi bisa saja TV-nya pas itu saturasi warnanya memang terlihat hijau banget, tapi yang di bawah tidak," lanjutnya

Sementara itu, Pelatih Kaledonia Baru, Leonardo Lopez, memuji kualitas rumput JIS. Bahkan, tim Kaledonia Baru mengaku sudah merasakan semua fasilitas di JIS.

"Tidak (buruk). Itu sudah sangat bagus bagi kami. Jika ada lapangan di Kaledonia seperti itu setiap pekan tentu akan sangat baik untuk kami," kata Lopez selepas laga melawan Inggris pada Sabtu (11/11/2023) lalu.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook