Diluncurkan Akhir Mei, Pelanggan Iconnet PLN Melonjak Segini

 


PT PLN (Persero) melalui anak usahanya, PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) telah meluncurkan layanan internet fixed broadband, internet berbasis jaringan fiber optik, bernama Iconnet, pada 31 Mei 2021 lalu.

Setelah diluncurkan dua bulan lalu, pelanggan Iconnet kini telah mencapai lebih dari 45.000 pelanggan.

Hal tersebut disampaikan oleh Yuddy Setyo Wicaksono, Direktur Utama ICON+ kepada CNBC Indonesia, Rabu (04/08/2021).

Dia mengatakan, ada penambahan pelanggan setelah rebranding Mei lalu sekitar 16.500-an pelanggan.

"Saat ini jumlah pelanggan Iconnet sudah lebih dari 45 ribu pelanggan. Setelah rebranding Iconnet Mei lalu, bertambah sekitar 16.500-an," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Rabu (04/08/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, sampai dengan akhir 2021 ini, pihaknya optimistis jumlah pelanggan Iconnet akan terus bertambah hingga mencapai lebih dari 100.000 pelanggan.

"Untuk tahun ini kami targetkan lebih dari 100 ribu pelanggan Iconnet," lanjutnya.

Sebelumnya, Darmawan Prasodjo, Wakil Direktur Utama PLN sempat membeberkan alasan mengenai pelebaran bisnis PLN ke internet. Menurutnya, sebelum adanya New PLN Mobile, banyak sekali aset PLN yang belum terkelola dengan baik.

Selain itu, layanan pada pelanggan juga masih kurang baik. Lalu pada kepemimpinan yang baru, PLN didorong untuk melakukan digitalisasi organisasi. Lalu diejawantahkan melalui transformasi, dari bisnis yang berbelit-belit harus dipermudah.

"Modul-modul terkotak-kotak kita konsolidasikan data pelanggan yang tadinya tidak terkelola dengan baik. Saya ingat diskusi dengan adanya super Apps ini bisa kapitalisasi aset-aset PLN yang tadinya tidak terkelola dengan baik," ucapnya, Kamis (01/07/2021).

Dalam perjalanannya saat melakukan proses digitalisasi organisasi di tengah jalan, tiba-tiba terjadi pandemi, di mana pemerintah melakukan pembatasan dan meminta agar masyarakat belajar dan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

"Jadi, muncul gaya hidup baru dan dari situ ada kebangkitan sektor telekomunikasi," kata Darmawan.

Melalui Iconnet ini menurutnya PLN akan semakin maju ke depan. Tantangan selama setahun ini bisa diselesaikan dan terbangun melalui kerja tim yang baik.

"Dalam apapun situasinya, tim ICON+ maju ke depan, melakukan operasional efektif di lapangan," ujarnya.

Sementara itu, saat melakukan peluncuran Iconnet Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, pihaknya siap bersaing dengan kompetitor penyedia layanan internet lainnya seperti IndiHome milik PT Telkom Indonesia Tbk (Persero), First Media, Biznet, dan lainnya.

"Hari ini kita lihat transformasi PLN, breakthrough fiber optic. Kita siap bersaing dengan kompetitor lainnya seperti dengan IndiHome, First Media, Biznet dan lainnya," paparnya saat acara peluncuran Iconnet, Senin (31/05/2021).

Dia mengatakan, PLN memang memiliki tanggung jawab untuk menerangi nusantara. Namun kini PLN menurutnya juga terpanggil untuk berkontribusi menerangi dan memberikan informasi cepat kepada pelanggan melalui penyediaan internet.

"Dengan tersedianya layanan Iconnet untuk masyarakat luas di seluruh Indonesia artinya PLN sudah siap jawab kebutuhan dan tuntutan pelanggan, tuntutan internet yang andal, cepat, dan sesuai dengan keekonomian masyarakat," jelasnya.

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Previous Post Next Post