yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Saturday 1 June 2019

Muhammadiyah: Idulfitri 5 Juni, Pemerintah tunggu sidang isbat 3 Juni


Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Idulfitri 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada 5 Juni 2019. Penetapan tersebut disampaikan oleh Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir, saat buka bersama dengan wartawan di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta (30/5/2019)
Penetapan ini menurut Haedar, diambil berdasarkan hasil hisab haqiqi Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Ia memprediksi penetapan 1 Syawal oleh Muhammadiyah tahun ini tidak akan berbeda dengan golongan maupun organisasi lainnya.
Meskipun demikian jika penetapan Hari Raya Lebaran ini nantinya berbeda tidak perlu dijadikan masalah.
Sementara itu Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Bimas Islam akan menggelar sidang isbat (penetapan) Idulfitri 1440H, pada Senin 3 Juni. Setelah sebelumnya mendengarkan laporan hasil pemantauan hilal (rukyatul hilal) yang dilakukan pada 105 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Ringkasan

  • Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, menetapkan Idulfitri 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada 5 Juni 2019.
  • Penetapan tersebut berdasarkan hasil hisab haqiqi dari majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah.
  • Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir memerkirakan penetapan Hari Raya Lebaran tahun ini tidak akan berbeda dengan golongan maupun organisasi lainnya.
  • Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat penetapan Idulfitri 1440H, atau 1 Syawal 1440H/ 2019M pada Senin, 3 Juni.
  • Kementerian Agama bersama lembaga lain melakukan pemantauan hilal (rukyatul hilal) yang dilakukan pada 105 titik lokasi di seluruh Indonesia.
  • Diharapkan Idulfitri tahun ini tidak berbeda antara Muhammadiyah dengan Pemerintah maupun ormas lainnya.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook