yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Sunday 9 June 2019

Kata-Kata Mutiara Islam tentang Kehidupan yang Memotivasi dan Menyejukkan Hati

Apakah Anda sedang membutuhkan kutipan-kutipan islami sebagai penyemangat hidup? Jika iya, artikel berisi kata-kata bijak Islam tentang kehidupan ini mungkin pantas untuk disimak. Anda akan memperoleh kata-kata penyejuk hati yang memberikan pencerahan sekaligus motivasi.
Barangkali Anda sedang mengalami masa-masa sulit dan merasa putus asa, jangan khawatir dan yakinlah semua masalah itu dapat terselesaikan. Asalkan Anda mempunyai keyakinan bahwa setiap masalah merupakan ujian dari Allah SWT, semuanya akan terasa mudah.

Allah SWT sudah memberikan petunjuk pada manusia dengan menurunkan Alquran. Anda dapat menggunakannya sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan, termasuk soal sederhana seperti jika Anda ingin mencari kata-kata bijak Islam di Alquran.
Beberapa kata-kata bijak Islam tentang kehidupan yang ada dalam Alquran telah terangkum pada uraian berikut. Bukan itu saja, ada pula kutipan yang merujuk pada perkataan Rasulullah serta tokoh Islam lainnya. Di bawah ini penjelasan lengkapnya:

Kata-Kata Bijak Islami yang Singkat

Kata-Kata Bijak Islam tentang Kehidupan - Nabi Muhammad SAW

1. Lebih Baik Diam

Berbicaralah yang baik atau tetap diam. Nabi Muhammad SAW
Anda mungkin sudah familier dengan kutipan di atas. Sejak zaman Rasulullah, manusia selalu diminta agar menjaga lisannya. Untuk itu, jagalah perkataan Anda agar jangan sampai menyakiti hati orang lain.
Bukankah Anda pernah mendengar pepatah, “Lidah lebih tajam daripada pedang”? Maka berhati-hatilah sebelum mengeluarkan perkataan. Sekiranya itu dapat menyinggung perasaan orang lain, sebaiknya Anda tidak perlu mengatakannya. Seperti saran Rasul, jika tidak bisa mengatakan hal baik, diamlah.

2. Jaga Perkataan

Janganlah engkau mengucapkan perkataan yang engkau sendiri tak suka mendengarnya jika orang lain mengatakannya padamu. Ali bin Abi Thalib
Kata-kata bijak islam tentang kehidupan selanjutnya ialah dari Ali bin Abi Thalib. Senada dengan perkataan Rasul di kutipan sebelumnya, yang intinya diam itu emas. Singkatnya, jika tak suka dicela, ya, jangan mencela.
Jika Anda mungkin pernah tersinggung mendengar perkataan orang lain, pikirkan pula bahwa Anda bisa saja pernah menyinggung perasaannya. Kalau Anda tak suka dengan apa yang dikatakan oleh seseorang itu, hendaknya janganlah Anda mengatakan hal serupa padanya.

3. Ketika Air Berlimpah

Jangan menghabiskan air meskipun kau berada di sungai yang mengalir. Nabi Muhammad SAW
Banyak sekali sikap-sikap bijaksana yang dapat Anda pelajari dari Nabi Muhammad. Salah satunya untuk tidak menghambur-hamburkan apa yang kita miliki seperti tersirat pada kutipan di atas.
Semua yang kita miliki adalah titipan dan kita tidak tahu kapan Allah akan mengambilnya kembali. Alangkah lebih bijak jika kita menggunakan seperlunya, entah itu air, harta benda, atau sumber daya alam.

4. Para Pencari

Dua jenis manusia yang tak akan merasa kenyang selama-lamanya: pencari ilmu dan pencari harta. Ali bin Abi Thalib
Kata-kata bijak yang diungkap Ali bin Abi Thalib ini mungkin bisa menjadi pengingat bagi Anda. Menurutnya, di dunia ini terdapat dua jenis manusia yang selama hidupnya tidak akan merasa puas, yaitu pencari ilmu dan pencari harta.
Meski begitu, mencari ilmu dan mencari harta tidak selamanya berarti negatif. Pencari ilmu dapat mengamalkan pengetahuan yang diperolehnya kepada orang lain. Sementara pencari harta bisa menyedekahkan sebagian yang ia punya untuk orang yang membutuhkan.

5. Kesalahan Orang Lain

Ingatlah kesalahan-kesalahan sendiri sebelum menyalahkan orang lain. Nabi Muhammad SAW
Jika Anda mengalami sesuatu yang tidak sesuai harapan, jangan menyalahkan orang lain karena semua hal yang terjadi sudah ditakdirkan untuk Anda. Daripada menyalahkan orang lain, berkacalah pada diri Anda siapa tahu semua hal yang tidak beres itu terjadi karena ulah Anda sendiri.
Demikianlah kurang lebih maksud perkataan Nabi Muhammad yang tertulis pada kutipan di atas. Singkatnya, Nabi Muhammad menuntun kita untuk tidak asal melimpahkan kesalahan pada orang lain. Alangkah lebih baik lagi jika kita selalu introspeksi diri karena Anda tidak selalu benar dan orang lain belum tentu bersalah.

1. Allah Beserta Orang Sabar

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. Q.S. Al Baqarah:153
Jika Anda memerlukan motivasi dalam menjalani hidup, ada kata bijak islami yang berasal dari Alquran Surah Al Baqarah ayat 153. Di dalamnya mengandung nasihat, bahwasanya seberat apapun masalah yang Anda hadapi, tetaplah sabar.
Bersabar dan bersikap tenang mungkin akan membantu Anda menemukan solusi. Seandainya belum juga menemukan solusi, di dalam ayat itu telah disebutkan jika sebaiknya Anda salat dan memohon agar Allah memberikan kekuatan dan kemudahan.

2. Dosa VS Rahmat Allah

Dosaku sangat membebaniku. Tetapi ketika aku mengukurnya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, ampunan-Mu lebih besar. Imam Syafii
Pernahkah Anda mendengar kalimat seperti pada kutipan di atas? Imam Syafii mengajarkan pada kita untuk senantiasa memohon ampun kepada Allah atas segala kesalahan yang kita lakukan.
Seberapa pun banyaknya dosa-dosa yang kita perbuat, Allah akan memberikan ampunan. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak kembali melakukan kesalahan yang sama. Karena hakikat mohon ampun dengan bertaubat ialah menyesali kesalahan dan tidak melakukannya lagi.

3. Ingat Allah

Jika kau ingin lebih fokus pada Allah saat sedang salat atau berdoa, fokuslah pada-Nya ketika sedang tidak salat (berdoa). Yasmin Mugahed
Manusia terkadang sering mengeluh, merasa apa yang diminta tidak sesuai harapan padahal sudah banyak berdoa. Anda mungkin pernah pula bersikap begitu. Bagaimana jika logika Anda dibalik?
Ketika Anda ingin Allah mengabulkan doa yang Anda panjatkan, sudahkah Anda memberikan yang Allah inginkan? Misalnya dengan senantiasa mengingat-Nya dan tidak hanya ingat jika Anda memiliki kemauan, lalu mengabaikan ketika keinginan Anda tercapai.

4. Tujuan Hidup

Allah tahu apa yang harus diberikan padamu untuk membuatmu kembali pada-Nya. Segala peristiwa dalam hidupmu ada tujuannya, tepat dan tidak acak. Shaykh Hamza Yusuf
Sekali lagi, manusia memang perlu diingatkan untuk tidak mudah menyerah dan mengeluh. Semua yang dialami di dunia ini sudah ditakdirkan oleh Allah. Percayalah bahwa segala sesuatu yang terjadi atas kehendak-Nya dapat kita jadikan pelajaran.
Bahkan dalam keadaan terpuruk sekalipun, Allah akan dengan mudah memutarbalikkan keadaan. Ketika kita tersesat dan hidup dengan cara yang tidak diridoi-Nya, Ia pun dapat dengan mudah membawa kita kembali ke jalan-Nya.

5. Nasib Bisa Berubah

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Q.S. Ar Rad:11
Penggalan ayat dari Surah Ar Rad di atas mungkin sudah pernah Anda baca atau dengar sebelumnya. Ayat di atas dapat Anda jadikan sebagai motivasi untuk terus bekerja keras dan melakukan yang terbaik demi meraih tujuan hidup maupun mengubah nasib menjadi lebih baik.
Tanpa bekerja keras, doa saja tidak cukup untuk mendatangkan keajaiban dalam hidup Anda. Allah akan melihat terlebih dulu seberapa besar usaha Anda sebelum mengabulkan doa yang Anda panjatkan.

1. Demi Allah

Cinta yang terjadi karena Allah tidak akan pernah berakhir. H.R. Muslim
Islam tidak hanya memberi nasihat dalam hal menjalani hidup, tetapi juga soal hubungan antara laki-laki dan perempuan, misalnya urusan cinta. Namun, cinta dalam Islam mempunyai makna yang lebih luas dibandingkan sekadar hubungan semacam itu.
Cinta yang paling utama adalah hubungan antara manusia dengan Tuhannya. Seperti yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kutipan di atas, cinta yang abadi dan tidak pernah berakhir ialah cinta kita kepada Allah.

2. Jangan Benci Siapa Pun

Jangan membenci siapa pun, tak peduli seberapa banyak kesalahan yang mereka lakukan padamu. Ali bin Abi Thalib
Setelah membaca kata mutiara yang pertama, Anda mungkin langsung mengerti bahwa Islam memandang cinta secara lebih luas. Salah satu kata mutiara tentang cinta yang luas itu adalah yang diungkapkan oleh Ali bin Abi Thalib.
Menurut Ali, mencintai juga berarti memberikan kasih sayang kepada sesama manusia. Bukti cinta seperti itu dapat dilakukan dengan cara sederhana, misalnya kita tidak membenci orang lain meskipun ia pernah menyakiti atau bersalah pada kita.

3. Jangan Terlalu Terikat

Jangan biarkan cintamu menjadi keterikatan atau kebencianmu menjadi kehancuran. Umar bin Khattab
Pernahkah Anda mendengar pernyataan yang menyebut bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik? Makan dan minum berlebihan, misalnya, termasuk pula dalam hal mencintai atau membenci sesuatu atau seseorang.
Kutipan di atas menyebutkan bahwa cinta maupun benci yang terlalu berlebihan dapat merugikan. Misalnya jika Anda memaksa seseorang untuk menyukai Anda tanpa mempedulikan bagaimana perasaannya. Ini justru akan menyakitinya, bukan?

4. Ketika Seorang Wanita Cemburu

Kecemburuan seorang wanita adalah kekufuran, sedangkan kecemburuan seorang laki-laki adalah keimanan. Ali bin Abi Thalib
Cemburu adalah hal yang wajar ketika kita bicara mengenai cinta. Perasaan seperti ini tidak hanya dirasakan perempuan saja, tetapi juga laki-laki. Penyebabnya pun bermacam-macam, yang salah satunya karena pasangan kita dekat dengan lawan jenis.
Merujuk pada kutipan di atas, Ali bin Abi Thalib berpendapat bahwa cemburunya seorang laki-laki dan perempuan itu berbeda. Apapun perbedaannya, jika Anda cemburu pada pasangan, sebaiknya jangan berlebihan.

5. Di Belakang Seorang Pria

Di belakang setiap pria hebat bukanlah seorang wanita. Wanita itu di sampingnya, bersamanya, tidak di belakangnya. Tariq Ramdan
Pernahkah Anda mendengar ungkapan, “Di belakang pria yang hebat ada sosok wanita hebat pula”? Jika pernah, mungkin Anda akan langsung berubah pikiran setelah membaca kutipan di atas.
Wanita yang hebat tidak berada di belakang pria yang luar biasa, tetapi mendampingi di sampingnya. Mereka berada di sisi seorang pria dalam rangka memberi dukungan, mengingatkan bila ia melakukan kesalahan, dan selalu di sampingnya saat suka maupun duka.

Kata-Kata Bijak Islam tentang Kehidupan sebagai Penyejuk Hati

Adakah kata-kata bijak tentang kehidupan dalam pandangan Islam di atas mempengaruhi pemikiran Anda? Jika iya, mudah-mudahan Anda termotivasi melakukan setiap hal baik yang Anda rencanakan setelah membaca artikel kata-kata bijak Islam tentang kehidupan ini.
Di samping itu, semoga kumpulan kutipan tersebut dapat menjadi penyejuk hati bagi Anda yang sedang menghadapi kesulitan dan kesedihan. Segeralah bangkit begitu Anda memahami kata-kata bijak Islam tentang kehidupan yang Anda baca di atas. Tidak ada gunanya bila Anda terus terpuruk hingga mengabaikan fakta bahwa kehidupan masih berjalan.
Editor: Khonita Fitri

Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook