yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Monday 2 February 2015

Ratusan Calon Banpol PP Diuji Secara Psikis

CIBINONG - Usai menjalani seleksi berupa seleksi administrasi dan tes fisik, kali ini sebanyak 350 calon anggota Bantuan Polisi Pamong Praja (Banpol PP) Kabupaten Bogor menjalani psikotest, yang dilaksanakan di SMK Insan Kreatif Yayasan Al - Nur, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (31/1).
Sekitar pukul 09.00 WIB, ratusan calon anggota Banpol PP ini mengerjakan soal psikotest yang diberikan oleh tim dari konsultan psikologi independent. Belasan ruang kelas digunakan para calon anggota Banpol PP mengerjakan soal - soal psikotes.
 "Psikotest ini sifatnya bukan formalitas, karena ini sangat menentukan terutama dari segi psikologis mereka, apalagi tugas mereka nantinya akan berat," tegas Kabid Pengembangan Kapasitas Satpol PP Kabupaten Bogor, Hidayat.
 Hal senada juga diperkuat oleh keterangan dari tim konsultan psikologi independent, Dr. Ni Made Juwita Rustiani. Menurutnya, psikotest yang diberikan kepada calon Banpol ini cukup ketat mengingat tugas mereka nantinya yang dipenuhi tekanan.
 "Kita gunakan standar psikologi yang ketat, artinya secara psikis mereka harus kuat dalam berbagai tekanan," ujarnya.
 Ia menambahkan, tujuan dari psikotest ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi kepribadian mereka. "Tujuannya untuk apa, minimal paham dengan perintah, kecerdasan harus sesuai rata - rata, aspek kepribadian juga kita lihat. Loyalitas, integritas, dan disiplin, emosi kita lihat jangan sampai pekerjaan mereka nantinya menjadi ajang mengekspresikan emosi mereka," jelasnya.  
 Ia pun mengungkapkan, peran pimpinan juga diperlukan untuk memantau psikologi mereka saat bekerja. Jika dipandang perlu, bimbingan konseling psikologis harus dilakukan. "Mengingat pekerjaan mereka yang cukup berat, perlu adanya peran pimpinan dalam memantau aspek psikologis mereka, jika memang ada yang terlihat menyimpang, pembekalan psikologis secara individu semacam konseling diperlukan," ungkapnya.

 Hasil dari psikotest ini sendiri akan dapat diketahui selambat - lambatnya pada Selasa (3/2) mendatang. "Paling lambat hari Selasa hasilnya akan keluar," tutup Juwita. 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook