Pembuatan invoice tagihan memanfaatkan microsoft excel
adalah materi kursus excel kita kali ini. Istilah invoice mungkin sudah
tidak asing lagi bagi para pengusaha yang bergelut dibidang penjualan
barang atau jasa, invoice disebut juga sebagai surat bukti tagihan
pembayaran yang berkaitan dengan transaksi antara penjual dan pembeli.
Pada pertemuan ini, akan membahas mengenai pembuatan invoice untuk tagihan pembayaran atas penjualan barang pada PT.Sumber Rejeki kepada pihak Toko Sahira Permata selaku pembeli. Data yang harus disiapkan adalah data Surat tagihan (invoice), Daftar Customer, dan Harga Barang, data tersebut masing-masing di buat pada 3 buah worksheet. Seperti pada tampilan berikut.
1. Pada worksheet pertama, kita buat bentuk surat tagihan pada excel yang didalamnya terdapat data customer yang terdiri dari nama, alamat, kota, dan telepon. Kemudian tabel data berupa Nama Barang, Jumlah, Harga, dan Total, serta subtotal, diskon dan Total bayar.
2. Pada worksheet kedua, buat tabel Daftar Customer, yang terdiri dari Nama Toko, Alamat, Kota, dan No.Telp, serti tampilan dibawah ini.
3. Pada worksheet ketiga, buat tabel Harga Barang, yang terdiri dari Nama Barang, dan Harga satuan.
Setelah data-data dibuat, selanjutnya mengisi data pada worksheet pertama, kita memanfaatkan fungsi Combo Box untuk mengisi data pada bagian customer dan Nama Barang. Untuk fungsi Combo Box sendiri sebelumnya telah dibahas, jadi disini tidak perlu di bahas lagi. Pada kolom Jumlah bisa di isi secara manual.
Selanjutnya pada bagian kolom Harga, masukan rumus berikut :
1. Rumus Harga sel F12,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C12,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C12,Master_Harga,2,FALSE))
2. Rumus Harga sel F13,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C13,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C13,Master_Harga,2,FALSE))
3. Rumus Harga sel F14,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C14,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C14,Master_Harga,2,FALSE))
4. Rumus Harga sel F15,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C15,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C15,Master_Harga,2,FALSE))
5. Rumus Harga sel F16,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C16,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C16,Master_Harga,2,FALSE))
6. Rumus Harga sel F17,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C17,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C17,Master_Harga,2,FALSE))
7. Rumus Harga sel F18,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C18,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C18,Master_Harga,2,FALSE))
Catatan : Pada rumus Harga, kode “Master_Harga” di dapat dari worksheet ketiga pada tabel Harga Barang. Caranya blok tabel Harga Barang, klik kanan pilih define name, isikan name dengan Master_Harga.
Hasil pada worksheet pertama akan seperti berikut.
Selanjutnya mengisi kolom Total pada sel G12, dengan rumus =IF(ISERR(F12*E12),”",F12*E12)
Untuk mengisi keseluruhan data pada kolom total dapat memanfaatkan fungsi Auto Fill, maka hasilnya seperti berikut.
Selanjutnya mengisi kolom Total pada sel G12, dengan rumus =IF(ISERR(F12*E12),”",F12*E12)
Untuk mengisi keseluruhan data pada kolom total dapat memanfaatkan fungsi Auto Fill, maka hasilnya seperti berikut.
Jadi tagihan pembayaran untuk toko Sahira Permata sebesar Rp 9.641.250 yang harus dibayarkan kepada PT.Sumber Rejeki.
Kesimpulan, pada dasarnya pertemuan kali ini membahas tentang penghitungan dengan metode penggabungan pada Excel, yaitu menggabungkan rumus IF dengan Vlookup. Namun di presentasikan dalam bentuk Invoice (Tagihan Pembayaran). Semoga apa yang telah kita bahas ini bisa bermanfaat dan tentunya bertambah satu lagi ilmu pengetahuan kita
Pada pertemuan ini, akan membahas mengenai pembuatan invoice untuk tagihan pembayaran atas penjualan barang pada PT.Sumber Rejeki kepada pihak Toko Sahira Permata selaku pembeli. Data yang harus disiapkan adalah data Surat tagihan (invoice), Daftar Customer, dan Harga Barang, data tersebut masing-masing di buat pada 3 buah worksheet. Seperti pada tampilan berikut.
1. Pada worksheet pertama, kita buat bentuk surat tagihan pada excel yang didalamnya terdapat data customer yang terdiri dari nama, alamat, kota, dan telepon. Kemudian tabel data berupa Nama Barang, Jumlah, Harga, dan Total, serta subtotal, diskon dan Total bayar.
2. Pada worksheet kedua, buat tabel Daftar Customer, yang terdiri dari Nama Toko, Alamat, Kota, dan No.Telp, serti tampilan dibawah ini.
3. Pada worksheet ketiga, buat tabel Harga Barang, yang terdiri dari Nama Barang, dan Harga satuan.
Setelah data-data dibuat, selanjutnya mengisi data pada worksheet pertama, kita memanfaatkan fungsi Combo Box untuk mengisi data pada bagian customer dan Nama Barang. Untuk fungsi Combo Box sendiri sebelumnya telah dibahas, jadi disini tidak perlu di bahas lagi. Pada kolom Jumlah bisa di isi secara manual.
Selanjutnya pada bagian kolom Harga, masukan rumus berikut :
1. Rumus Harga sel F12,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C12,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C12,Master_Harga,2,FALSE))
2. Rumus Harga sel F13,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C13,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C13,Master_Harga,2,FALSE))
3. Rumus Harga sel F14,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C14,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C14,Master_Harga,2,FALSE))
4. Rumus Harga sel F15,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C15,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C15,Master_Harga,2,FALSE))
5. Rumus Harga sel F16,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C16,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C16,Master_Harga,2,FALSE))
6. Rumus Harga sel F17,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C17,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C17,Master_Harga,2,FALSE))
7. Rumus Harga sel F18,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C18,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C18,Master_Harga,2,FALSE))
Catatan : Pada rumus Harga, kode “Master_Harga” di dapat dari worksheet ketiga pada tabel Harga Barang. Caranya blok tabel Harga Barang, klik kanan pilih define name, isikan name dengan Master_Harga.
Hasil pada worksheet pertama akan seperti berikut.
Selanjutnya mengisi kolom Total pada sel G12, dengan rumus =IF(ISERR(F12*E12),”",F12*E12)
Untuk mengisi keseluruhan data pada kolom total dapat memanfaatkan fungsi Auto Fill, maka hasilnya seperti berikut.
Selanjutnya mengisi kolom Total pada sel G12, dengan rumus =IF(ISERR(F12*E12),”",F12*E12)
Untuk mengisi keseluruhan data pada kolom total dapat memanfaatkan fungsi Auto Fill, maka hasilnya seperti berikut.
Jadi tagihan pembayaran untuk toko Sahira Permata sebesar Rp 9.641.250 yang harus dibayarkan kepada PT.Sumber Rejeki.
Kesimpulan, pada dasarnya pertemuan kali ini membahas tentang penghitungan dengan metode penggabungan pada Excel, yaitu menggabungkan rumus IF dengan Vlookup. Namun di presentasikan dalam bentuk Invoice (Tagihan Pembayaran). Semoga apa yang telah kita bahas ini bisa bermanfaat dan tentunya bertambah satu lagi ilmu pengetahuan kita
Post a Comment
Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst