yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Monday 12 November 2012

Ribuan Buruh di Bogor Sweeping Pabrik Terkait Outsourcing

share


Bogor Ribuan buruh dari Forum Buruh Bogor, mendatangi PT Mastroto Indonesia, di Kawasan Industri, Bogorindo, Sentul, Kabupaten Bogor. Mereka menuntut agar PT Mastroro Indonesia, mematuhi moratorium yang telah dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Barat, tentang penertiban outsorcing.

Aksi ini dilakukan pada Jumat (19/10/2012) sebagai rasa solidaritas atas buruh di Bogor yang menginginkan penghapusan outsorcing. Para buruh menilai, di Bogor sendiri seharusnya sudah bisa mematuhi moratorium yang dikeluarkan oleh Gubernur, namun masih ada beberapa perusahaan yang masih menjalankan outsorcing.

"Aksi kita ini solidaritas sesama buruh. Gubernur telah mengeluarkan edaran untuk tidak dijalankannya lagi outsorcing, tapi di Bogor masih ada perusahaan yang belum mematuhi surat edaran itu," kata Koordinator aksi, Anwar Sanusi.

Dalam aksinya ribuan buruh menuntut manajemen perusahaan itu untuk keluar menemui massa. Namun dari pihak perusahaan tak ada satupun yang keluar. Para buruh pun mulai panas dan mencoba medobrak masuk ke dalam pabrik.

Beruntung aparat masih bisa manahan aksi ribuan buruh tersebut, hingga kejadian anarkispun tidak terjadi. Akhirnya, pihak manajemen PT Mastroto Indonesia mengizinkan perwakilan buruh untuk berunding.

Para pekerja dari PT Mastroto sendiri telah melayangkan surat ke manajemennya perihal edaran Gubernur tersebut, jika pihak perusahan tidak menjalankan edaran Gubernur, para pekerja akan melakukan aksi mogok kerja tanggal 1 November mendatang.

"Kita sebagai buruh akan ikut aksi sebagai solidaritas, dan juga membantu rekan sesama buruh agar bisa mendapatkan haknya," jelas Anwar.

Usai mendatangi PT Mastroto Indonesia, ribuan buruh kemudian bertolak ke Kantor Bupati Bogor untuk menyuarakan aspirasinya yakni, menuntut penghapusan outsorcing dan menolak upah murah.

"Kita juga akan mendatangi perusahan-perusahan yang belum menjalankan edaran dari Gubernur," pungkas Anwar.

(ndr/ndr)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook