yunusst memberikan inspirasi kepada anda

Tutorial

Sunday 21 June 2015

Membuat Bootable Win7 Menggunakan ImgBurn

Mau instal Win7 di komputer, tapi gk punya DVD bootablenya, pinjem ke temen kosn pada gk punya juga, gimana dong? :'(
Tenang bro kita kan frend :mrgreen: nih sayah kasih tutorialnya gimana cara membuat bootable DVD Win7 yang 100% working (sayah coba sendiri, dan berhasil). Tutorial ini juga bisa digunakan untuk membuat bootable Vista, Windows 2008, dan Windows 2008 R2.
note: Cara pembuatan bootable Windows 2008 sama seperti Vista, pembuatan Windows 2008 R2 sama seperti Win7.
Seperti pada tema postingan diatas “Membuat Bootable Win7 Menggunakan ImgBurn”. Ya, kamu membutuhkan software ImgBurn terlebih dahulu agar bisa mengikuti tutorial ini, silahkan download softwarenya di situs resmi ImgBurn (disini). Jika kamu tidak punya OS Win7 nya, silahkan cari disini.
1. Run ImgBurn
Setelah selesai mendownload softwarenya silahkan instal dan jalankan program ImgBurn. Menu Utama akan muncul seperti gambar dibawah ini.
Menu Utama
1.1) Pilih option no 2 “Write files/folders to disc”.
Tapi, jika file Win7 kamu berupa .ISO silahkan pilih option no 1 dan kamu bisa melihat tutorial cara membuat DVD bootablenya disini.
1.2) Setelah memilih option no 2, kamu akan masuk ke Menu “Write files/folders to disc”, pilih tab “Advanced” kemudian pilih “Bootable Disc”. Tampilan menu akan seperti gambar dibawah ini.Menu Tab Advanced
2. Setting Tab Bootable Disc
Untuk membuat bootable disc tentunya harus ada settingan tertentu, berbeda dengan burning file dan folder data biasa, berikut settingan untuk bootable disc.Setting Tab Bootable Disc
  1. Masukan directory folder Win7 kamu ke ‘source’ box, dengan cara klik ikon folder berwarna kuning kemudian cari folder Win7 kamu.
  2. Ceklist atau contreng “Make Image Bootable”.
  3. Biarkan “Emulation Type:” tetap pada pilihan “None (Custom)”.
  4. Untuk setting “Boot Image”, cari file yang bernama etfsboot.com di folder boot didalam folder Win7 kamu.
    contoh:
    folder Win7 sayah ada di directory “E:\Mentahan\Fauzi WinSe7en\”, jadi file etfsboot.com akan berada di “E:\Mentahan\Fauzi WinSe7en\boot”.
  5. Masukan ‘Microsoft Corporation’ untuk field “Developer ID:”.
  6. Masukan ‘07C0[nol tujuh C nol] pada field “Load Segment:”.
  7. Untuk settingan “Sectors To Load:” ini yang harus diperhatikan baik-baik. Pada gambar diatas, sayah memasukan angka ‘8’ karena file etfsboot.com berukuran ‘4 KB’.file 'etfsboot.com' berukuran 4 KBnote: jika kamu akan membuat bootable Vista, biasanya file etfsboot.com berukuran ‘2 KB’ maka kamu harus memasukan ‘4’ pada “Sectors To Load:”, tapi jika kamu akan membuat bootable Win7, maka file etfsboot.com akan berukuran ‘4 KB’ sehingga kamu harus memasukan  ‘8’ pada “Sectors To Load:”.
  8. Masukan DVD-R/DVD Writeable atau DVD kosong lalu klik ikon burn.
Jika pada folder instalan OS Win7/Vista kamu ada file ‘install.wim’ dan kamu menggunakan settingan tutorial diatas, maka program ImgBurn akan melakukan perbaikan beberapa hal, sehingga disc yang akan kamu buat sebisa mungkin hampir sama dengan disc Microsoft aslinya.
klik ‘Yes’ untuk setiap koreksi (setting ini sudah dicoba, dan berhasil)burnwin7_4
Namun jika di dalam folder instalan OS Win7/Vista kamu tidak ada file ‘install.wim’, kamu akan langsung menuju ke Screen Label, disini kamu bisa mengganti nama disc yang akan di burning.burnwin7_5
  • ganti nama yang ada di field “ISO9660:” dan “UDF:” sesuai dengan nama yang kamu inginkan, lalu klik “YES” :)
Screen Informasi akan mucul, klik “OK” untuk memulai pembakaran/burning.burnwin7_6
Tunggu hingga proses selesai, dan kamu akan punya DVD Bootable Win7 sendiri ;)burnwin7_7
Bukti bahwa tutorial ini working 100%Install Windows
note:
– Software ImgBurn yang digunakan dalam tutorial ini adalah ImgBurn versi 2.5.5.0
– Jika kamu sudah mengikuti tutorial ini, tetapi masih gagal dalam pembuatan, coba cek lagi DVD-R, file Win7 kamu (bootable ato gak), DVD-ROM, proses pembakaran, dll. Karena dalam penulisan tutorial ini, sayah cuman 1x coba (sambil nulis tutorialnya) langsung berhasil.
– Bagi kamu yang ingin membuat bootable dari file Win7 yang .ISO silahkan lihat disini tutorialnya., atau jika ingin membuat CD Bootable XP klik disini

Share:

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa untuk selalu komen di blog yunusst

Translate

Arquivo do blog

Total Pageviews

Facebook